SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 30 December 2011

Amankah Berenang di Pantai Selatan ?

Saat liburan merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian besar orang, karena saat tersebut dapat digunakan bersama keluarga untuk berlibur. Tempat liburan yang murah dan dapat dijangkau oleh sebagian besar orang adalah pantai. Nah, pada saat dipantai biasanya hilang kendali karena pesona indahnya gelombang dan iar yang melimpah sehingga menggugah hati pengunjungnya untuk segera terjun ke pantai untuk berenang. Namun, kesenangan tersebut kadang justru menimbulkan malapetaka. Tak sedikit orang yang meninggal akibat tidak mengetahui karakteristik pantainya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan berenang di pantai diantaranya:
1.      Kondisi Geologisnya
Kondisi geologis di pantai selatan jawa merupakan zona pengangkatan zona pengunungan selatan, sehingga sebagian besar pantainya merupakan pantai yang curam. Sehingga kurang baik untuk kegiatan berenang. Pada pantai ini biasanya jika terbawa ombak akan sulit ditemukan karena terbawa sampai ke dasar laut.

2.      Kondisi Anginnya
Kondisi angin merupakan faktor penting dalam mempengaruhi besarnya ombak. Pada bulan desember merupakan waktu yang kurang bagus untuk berenang di pantai karena angin yang bertiup dari samudera Hindia cukup besar, sehingga dapat menimbulkan gelombang yang besar juga

3.      Karakteristik Gelombang
Karakteristik gelombang dapat diperngaruhi berbagai hal diantaranya tekanan udara, ada tidaknya penghalang dan waktu. Pantai yang tidak memiliki penghalang biasanya memiliki gelombang yang lebih besar
Dari beberapa karaktristik di atas sebagaian besar pantai selatan Jawa tidak aman untuk berenang. Jika ingin berenang maka dapat memilih pantai yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.      Cari pantai yang merupakan teluk yang landai
2.      Cari pantai yang memenuhi standar keselamatan (ada menara pemantau dan resque)
3.      Hindari berenang saat gelombang besar dan bulan-bulan yang memiliki angin muson barat yaitu Oktober-April.