SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Sunday 29 January 2012

EMAS, INVESTASI TAK LEKANG OLEH WAKTU



Emas tengah menjadi barang investasi yang populer sekarang. Ini karena masyarakat sudah banyak yang mengetahui manfaat dalam berinvestasi logam mulia ini. Harga emas selalu naik dari tahun ke tahun, kenaikan harganya berkisar antara 15-20 persen pertahun. Emas juga lebih aman dibanding investasi dalam bentuk uang karena inflasi uang tiap tahun bisa sampai 12%, sehingga menyebabkan nilai uang setiap tahun makin berkurang. Beberapa keuntungan berinvestasi emas yang dapat dijadikan pertimbangan untuk berinvestasi:

Tidak mudah rusak
Emas merupakan logam mulia yang tidak mudah terkorosi. Dengan demikian kita tidak perlu khawatir akan kerusakan akibat berkarat sebagaimana besi. Berbeda dengan menyimpan kekayaan dalam bentuk uang kertas. Uang kertas beresiko rusak dimakan hewan atau serangga kecil.

Tahan inflasi
Saat terjadi inflasi nilai uang Anda (dalam bentuk emas) tidak akan pernah berkurang. Justru seiring perjalanan waktu, harga emas selalu naik. Kalaupun sesekali terjadi penurunan harga, dapat dipastikan terjadi pula penurunan harga komoditas barang. Jadi dipastikan  tidak akan pernah rugi walaupun keuntungannya sangat kecil.

Mudah diuangkan
 Menyimpan emas juga sangat liquid (mudah diuangkan). Hari ini kita membutuhkan uang cash, hari ini juga bisa kita uangkan. Bisa dijual ke toko emas atau digadaikan. Karena saat ini jasa gadai emas mudah sekali ditemukan

Dapat dijadikan Agunan
Selain dapat digunakan sebagai alat tukar, emas juga bisa digunakan sebagai sebuah agunan untuk mengajukan kredit atau hutang di bank. Ini tentu sangat berguna bagi orang yang ingin menambah modal usaha atau keperluan lainnya.

Melihat keuntungannya investasi emas bisa jadi pilihan untuk berinvestasi jangka panjang. Terutama emas batangan, bukan perhiasan. Karena membeli perhiasan emas dalam bentuk perhiasan akan dikenakan biaya pembuatan sementara saat akan menjual biaya pembuatan tidak dihitung. Kecuali perhiasan tersebut akan Anda pakai, maka akan lebih menguntungkan jika dalam bentuk batangan. Selamat berinvestasi sukses selalu.................