SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 5 January 2012

KASIAT BUAH SIRSAK UNTUK KESEHATAN



Sirsak adalah tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu Zuurzak (kantung yang asam).  Di indonesia sendiri ada bermacam-macam sebutan bagi buah ini. Buah sirsak banyak ditemukan di Indonesia, ciri khas buah sirsak adalah buahnya yang berduri seperti durian namun tidak tajam, kulitnya berwarna hijau cerah dan memiliki biji seperti sawo. Buah sirsak biasanya dimanfaatkan untuk jus buah ataupun hanya dimakan saja. Dari penelitian para ilmuwan, buah sirsak sangat bagus untuk menjaga serta mengatasi gangguan kesehatan antara lain:

Penjinak Kanker
Berdasarkan penelitian buah sirsak mengandung senyawa asetogenin. Ini adalah senyawa yang spesifik terkandung dalam tanaman suku Annonaceae, yang khasiatnya erat berkaitan dengan aktivitas anti tumor, anti bakteri dan insektisida. Dalam penelitian lain  asetogenin yang terkandung di dalam sirsak juga bisa dipakai untuk menghantam sel kanker usus, pankreas, ovarium, usus besar, payudara, liver, serviks.

Melibas Diabetes
Sebuah penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mekanisme kerja antidiabetes ekstrak daun sirsak membuktikan terdapatnya regenerasi sel islet pada kelenjar pankreas hewan percobaan tikus. Hasil itu memberikan harapan, pemakaian ekstrak daun dapat memperbaiki fungsi kelenjar sebagai penghasil insulin yang diperlukan penderita diabetes.

Sumber Serat Alami
Buah sirsak mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/100 g daging buah. Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari sehingga dapat memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Menjaga Awet Muda
Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).

Mencegah Osteoporosis
Mineral yang terkandung cukup dominan dalam buah sirsak adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Mencegah Hipertensi
Klebihan lain buah sirsak adalah terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg/100 g) tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg/l00 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.