SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Monday 9 January 2012

KEISTIMEWAAN DAN KASIAT BUAH PISANG





Buah pisang sangat populer di Indonesia, setiap orang pasti sudah tahu seperti apa bentuk buah pisang. Tanaman pisang berasal dari Asia Tenggara, India, dan Brasil. Habitat asli tanaman pisang adalah hutan tropis, namun tanaman ini dapat tumbuh subur baik di dataran rendah maupun tinggi sehingga ini sangat mudah ditemui diseluruh Indonesia. Harganya pun juga terjangkau untuk kantong orang Indonesia. Namun, tak banyak orang yang mengetahui seperti apa kasiat buah pisang bagi kesehatan kita. Beberapa keistimewaan dan kasiat buah pisang untuk kesehatan antara lain:

Kaya Nutrisi
Buah pisang memiliki kandungan nutrisi lengkap, dengan mengkonsumsi satu buah pisang Anda sudah tercukupi kebutuhan minimal tubuh akan nutrisi esensial. Pisang sumber energi yang cukup tinggi, kaya mineral. Seperti kalium fosfor, besi, magnesium, dan kalsium. Kandungan vitamin di dalam buah pisang cuga cukup tinggi, seperti vitamin C, A dan golongan vitamin B. Meskipun tidak terlalu tinggi, kandungan lemak dan protein semakin memperkaya nutrisi buah pisang.

Penangkal Stroke
Menurut ilmuwan dari universitas Warwick dan naples mengatakan bahwa saat ini jumlah asupan kalium harian di banyak negara masih dibawah jumlah yang disarankan. Terlalu sedikit asupan kalium akan mengakibatkan gejala gejala mual,denyut jantung tidak teratur, diare serta cepat marah. Kemudian menurut hasil penelitian dari Journal of the American College of Cardiology menyimpulkan bahwa asupan kalium harian sebesar 1600mg (setengah dari jumlah yang dianjurkan untuk konsumsi harian yang berjumlah 3500mg) bisa menurunkan risiko stroke lebih dari seperlima.

Menyehatkan Ginjal
Berasarkan penenlitian dari International Journal Of Cancer menyebutkan bahwa buah pisang dapat melindungi kesehatan ginjal. Dari penelitiannya menunjukkan bahwa selama jangka waktu yang panjang (13.4 th)m, perempuan yang makan 2,5 porsi buah dan sayuran perhari mengurangi resiko ginjal sebesar 40 %.

Menyehatkan Pencernaan
Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit susu. Resep ini juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung. Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. Dengan dengan demikian, keduanya akan tertolong.

Mengobati Kecanduan Rokok
Bagi yang ingin berhenti dari merokok buah pisang juga dapat membantunya karena kandungan vitamin B6, B12, potasium, dan magnesium yang ada dalam pisang dapat membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat zat nikotin. Potasium sendiri merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengendalikan kadar cairan tubuh.

Dengan buah yang kadang kita sepelekan ternyata banyak sekali manfaatnya, walaupun bukan termasuk buah yang memiliki harga dan tampilan istimewa tapi manfaatnya jauh lebih istimewa bagi kesehatan kita.