SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 11 January 2012

Manfaat Lidah Buaya Yang Belum Anda Ketahui

Tanaman Lidah buaya atau yang juga disebut dengan Aloe vera mudah kita temuai disekitar kita. Tanaman ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias. Ciri khas tumbuhan ini adalah berbentuk seperti lidah dan berduri disetiap sisinya. Sebenarnya lidah buaya tidak hanya sebagai tanaman hias saja. Tanaman ini sebenarnya memiliki sejuta manfaat bagi kita. Berdasarkan fakta sejarah menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang begitu luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian. Beberapa manfaat penting lidah buaya antara lain :

Penjinak Kanker
Menurut arikel yang dirilis id.shvoong.com sejumlah penelitian dalam 30 tahun terakhir memperlihatkan lidah buaya memiliki efek anti kanker yang mengagumkan. Lidah buaya mempercepat respon kekebalan tubuh terhadap sel-sel kanker, membantu pertumbuhan sel-sel baru yang sehat, dan mempersempit ruang gerak penyebab kanker sehingga tubuh mampu merevitalisasi diri smelawan sel-sel kanker. Jika dilakukan terapi dengan cara radiasi atau kemoterapi terhadap penderita kanker, lidah buaya akan membantu meminimalisasi kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh kedua terapi tersebut.

Mencegah Diabetes
Berdasarkan penelitian jus lidah buaya juga mengandung zat yang dapat mencegah resiko diabetes. Dengan rutin mengonsumsi jus lidah buaya, kadar gula darah Anda akan tetap terjaga dan terhindar dari serangan diabetes.

Menyehatkan Pencernaan
Lidah buaya memiliki manfaat yang luar biasa bagi pencernaan, seperti yang dirilis oleh ahlinyalambung.com bahwa jus lidah buaya memiliki efek antimikroba dan menyembuhkan lapisan saluran pencernaan. Juga bisa mengurangi peradangan, tukak lambung disebabkan oleh asam, alkohol, aspirin dan obat lain. Selain itu, Journal of the American Osteopathic Society melaporkan bahwa efektivitas lidah buaya sebagai penyembuhan tukak lambung disebabkan karena kemampuannya untuk merangsang pelepasan pepsin, yaitu enzim lambung yang mendukung sistem pencernaan.

Mencegah Penumpukan Lemak
Seperti yang dirilis dalam ahlinyalambung.com bahwa dalam penelitian American Chronicle, lidah buaya mengandung asam amino, metionin, treonin, serin dan molibdenum, yang bekerja sama untuk detoksifikasi logam berat dan bantuan tambahan dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Hal ini dapat mencegah menumpukkan lemak di hati dan pembuluh darah arteri.

Selain beberapa manfaat di atas masih banyak lagi manfaat yang belum ditulis. Mudah-mudahan bermanfaat.