SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 20 January 2012

TIPS SEO BAGI PEMULA


Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Kapan Mulai Dikembangkan ?
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Apa Manfaat SEO ?
Manfaatnya adalah ke indek mesin pencari dan index itu berada di halaman pertama begitu orang mencari informasi yang relevan. Tentu saja tidak perlu memasasang iklan lagi alias gratis. Dan dari halaman itu orang akan klik link website anda. Dan disinah yang utama trafik, pengunjung, ke blog anda akan meningkat bahkan dikuar dugaan anda bisa ada ribuan orang tiap hari.

Bagaimana cara mudah menerapkan SEO ?
SEO memiliki berbagai tingkatan dari yang sederhana hingga pada sistem yang kompleks sehingga tidak semua orang bisa menguasainya. Bagi seoarang pemula ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menerapkan SEO ini yaitu:

Tingggalkan jejak komentar di artikel yang anda kunjungi
Berkomunikasi dengan sesama Blogger Indonesia atau kalau bisa dengan Blogger Internasional yang sudah terkenal dan sekiranya banyak pengunjungnya setiap hari, artikel – artikelnya yang hangat otomatis akan banyak terbuka kesempatan umpan balik bagi blog anda nantinya giliran dikunjungi oleh para pembaca atau komentator di website tersebut.

Promosikan di Social network
metode ini selalu hubungkan postingan baru anda dengan media sosial untuk memejengkan artikel anda, media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Koprol, dan media sosial lainnya, yang mana masing – masing dari media sosial tersebut memiliki kekuatan dan tujuan yang berbeda, sangat berpeluang memancing para pembaca anda untuk lebih mengenal blog/ website anda.

Memasang signature di email
Keyika anda mengirim email jangan lewatkan juga kesempatan ini, beri link anda atau ujung salam anda dibubuhi dengan tulisan untuk menuju ke  alamat URL blog/ website anda. Sehingga link tersebut akan dibuka oleh penerima email.

Membalas komentar yang sudah mampir di blog anda
jika ada waktu ada sebaiknya anda berinteraksi dengan para pengunjung/ pembaca setia anda, terlebih jika ada pertanyaan atau saran yang bisa kita tampung dan di respon sehingga akan menjadi nilai tambah lebih untuk para pembaca setia anda.

Selamat mencoba, sukses selalu
Dan terima kasih telah berkunjung....