SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 4 January 2012

TIPS AGAR HELM ANDA AMAN



Pernahkah helm anda hilang saat di parkiran? Sepertinya fenomena pencurian helm sudah menjadi hal yang biasa. Umunya para pencuri helm beraksi  di parkiran tempat umum yang tidak dijaga. Namun, tak jarang pula para pencuri helm saat yang tergolong nekat dengan mencuri di tempat parkiran yang dijaga. Alhasil jika tertangkap menjadi bulan-bulanan warga hingga babak belur. Banyaknya kasus pencurian helm ini juga akibat lemahnya standar keamanan yang terdapat dalam helm tersebut. Hingga saat ini masih sedikit produsen helm yang menerapakn standar keamanan khusus. Beberapa tips yang dapat dilakukan agar helm kita aman dari tindak pencurian antara lain:

Dimasukkan Ke Dalam Bagasi/Boks Motor
Cara ini dapat dilakukan bagi motor yang dirancang khusus dengan bagsi yang besar sehingga dapat digunakan untuk menyimpan helm

Dirantai, Dikunci Atau Digembok
Cara ini dilakukan agar pencuri tidak dengan mudah mengambil helm yang berada di motor kita. Namun cara ini harus sedikit memodifikasi helm yaitu membuat lobang kecil untuk memasukkan rantai atau gembok

Dibuat Dengan Ciri Khas Tertentu
Pencuri akan enggan mengambil helm yang memiliki ciri khusus karena akan segera ketahuan ketika mengambil helm tersebut. Ciri khas tersebut dapat berupa corak gambar, warna,bentuk atau tulisan.

Dititipkan Di Tempat Penitipan Helm Resmi Berbayar
Jika ditempat parkir terdapat jasa penitipan helm, pilihan untuk menitipkan juga bisa dilakukan sehingga saat meninggalkan helm tersebut dalam kondisi aman dan bisa tenang dalam beraktivitas.

Dibawa Dalam Beraktivitas
Cara ini adalah cara terakhir ketika semua tips di atas tidak dapat dilakukan. Karena dengan membawa kemana-mana akan lebih aman.

Dengan kehati-hatian dan kewaspadaan kita berperan penting dalam meminimalisir terjadinya tindak kejahatan pencurian helm.