SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 27 January 2012

TIPS JITU MENJAGA KESEHATAN RAMBUT



Rambut merupakan bagian yang penting dari tubuh kita, karena pentingnya sebagian orang mengangap rambut sebagai mahkota. Kulit kepala sangat peka terhadap masuknya mikro organisme. Gejala yang ditimbulkannya beraneka ragam, mulai dari gatal-gatal, ketombe, radang kulit kepala, kerontokan rambut, hingga kebotakan yang kadang-kadang tidak dapat dikembalikan seperti semula  atau menjadi permanen. Berikut adalah beberapa tips jitu yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut agar tetap menawan:

Hindari Penggunaan Shampo Dengan Busa Yang Berlebihan
Menggunakan shampoo yang memiliki busa berlebihan mengandung pH 7 sampai 8 yang dapat merusak asam alamiah kulit kepala yang pH-nya sekitar 5,5. Ketidakseimbangan pH dapat mengganggu pertumbuhan rambut yang sehat dan menyebabkan rambut rontok.

Biasakan Memijat Kulit Kepala Saat Keramas
Memijat kulit kepala saat keramas berfungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah. Darah akan menuju pembuluh kapiler untuk mengantarkan makanan bagi akar-akar rambut. Tundukkan kepala ketika keramas sambil memijat kulit kepala. Cara ini dapat membantu otak Anda mendapat asupan oksigen lebih baik sehingga dapat membantu memulihkan konsentrasi.

Gunakan Sisir Yang Tepat
Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut.

Berhati-hati Saat Mengeringkan
Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut.

Konsumsi Makanan Bergizi
Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Vitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut.