SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 17 February 2012

ETIKA BERKOMENTAR DI BLOG



Saat ini dunia blogger berkembang pesat, bermunculan blogger-blogger baru dengan berbagai postingan dan tujuan pembuatan blog. Para pemilik blog berlomba-lomba untuk mendapatkan kunjungan yang sebanyak-banyaknya. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah meninggalkan komentar di blog orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan kunjungan dari pemilik blog. Namun, yang sering membuat saya prihatin adalah kurangnya etika sebagian pengunjung blog  dalam memberikan komentar di blog orang lain. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berkomentar di blog orang lain yaitu:

Gunakan bahasa yang sopan
Dunia internet merupakan dunia yang tak terbatas, siapapun boleh mengaksesnya. Ketika sebuah blog berisi komentar yang baik maka blog akan terlihat indah dan nyaman untuk dibaca oleh pembaca yang lain. Gunakanlah bahasa yang sopan dan baik ketika berkomentar, karena bahasa itu akan menunjukkan pribadi anda yang sebenarnya.

Jangan menghina isi blog
Hargailah hasil karya orang lain seperti menghargai hasil karya sendiri, karena stiap oarang memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai suatu masalah dan itu adalah hak pemilik blog untuk menuangkan buah pemikirannya. Misalnya ada hal yang tidak setuju berikanlah pendapat anda dengan cara yang baik tidak dengan menghina isi blog.

Berikanlah kritik yang membangun
Ketika melihat blog orang lain memerlukan perbaikan, maka berilah komentar yang sifatnya membangun jangan bilang blog ini jelek, kuno dan sejenisnya. Karena selera orang berbeda-beda dan tidak harus mengikuti orang lain.

Jangan asal bilang “copast”
Kadang isi blog berisikan cerita dari oraang lain dan sumbernya tidak diketahui, ketika sebuah tulisan tidak ada sumbernya langsung  dibilang copast padahal belum tentu juga itu copast. Jika memang terjadi kesamaan dengan isi di blog lain biarkan itu jadi urusan pemilik blog. Karena tak dapat dipungkiri dunia blogger memang rentan terhadap kegiatan copast. Bagaimnapun itu pengunjung wajib menghargai tulisan orang lain.

Jangan meninggalkan link iklan
Kolom komentar pada dasarnya adalah untuk berdiskusi mengenai isi blog maupun memberikan masukan tentang isi blog. Bukan untuk meninggalkan link iklan untuk dikunjungi. Ketika berkomentar untuk memberikan masukan atau diskusi mengenai isi blog pasti kolom komentar tersebut akan lebih bermanfaat.

Mari jadikan diri kita orang yang bermartabat dengan memiliki etika yang baik dalam kehidupan kita termasuk ketika di dunia maya. Mudah-mudahan bermanfaat......