SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 23 February 2012

MURBEI, SI MUNGIL YANG KAYA MANFAAT



Murbei banyak dijumpai di Indonesia, tumbuhan ini biasanya dapat tumbuh dengan baik pada daerah pada ketinggian lebih dari 100 m dpl, dan memerlukan banyak sinar matahari. Berbagai penamaan murbei diantaranya Besaran (indonesia), murbai, besaran (jawa); kerta,kitau (sumatera) ; sangye (cina), maymon, dau tam (vietnam); morus leaf, morus fruit, mulberry leaf, mulberry bark ; mulberry twigs, white mulberry, mulberry (Inggris). Tumbuhan ini sering dijumpai dilereng pegunungan yang memiliki drainase yang baik, kadang pula sering ditemui sebagai tanaman liar di lereng-lereng pegunungan. Buah murbei berukuran kecil jika sudah matang maka akan berwarna hitam dan rasanya manis. Dibalik bentuknya yang kecil ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan kita diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Tekanan darah tinggi, kaki bengkak
Daun murbei mengandung GABA (Gamma Amino asam butirat) menormalkan tekanan darah tinggi. Cara pemanfaatnanyya yaitu daun murbei segar sebanyak 15 gr dicuci bersih kemudian direbus dengan2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring lalu dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore..
  • Bisul, Radang kulit
Daun Murbei segar sebanyak 1 genggam dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum sekaligus. Rebusan daun ini berguna untuk membersihkan darah sehingga dapat diminum secara teratur.
  • Luka, Borok
Daun Murbei segar setelah di cuci bersih lalu di olesi minyak kelapa. Lakukan di atas api lalu diremas-remas dengan jari tangan sehingga menjadi lemas.
Daun tadi kemudian dipakai untuk menutup luka. Namun sebelumnya, luka harus dicuci dahulu dengan rebusan akar trengguli.
  • Berkeringat malam
Daun Murbei kering yang dijadikan serbuk sebanyak 6-9 gr, direbus dengan air beras sampai mendidih. Setelah dingin lalu diminum.
  • Rematik, tangan dan kaki pegal dan sakit
Ranting Murbei kering sebanyak 15 gr direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring,minum. Sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.
  • Gula darah
Murbei mengandung DNJ (Deoxynojirimycin) membantu mengontrol kadar gula darah (Penyakit diabetes mellitus). Caranya Buah murbei segar sebanyak 10 gr ditambah air masak 1 gelas, lalu di blender. Hasilnya lalu diminum sekaligus.
  • Jantung lemah
Buah Murbei secukupnya di jus, lalu diminum sekaligus. Napas pendek, bengkak di mata kaki dan rasa nyeri didada akan berkurang dengan minum jus buah murbei ini setiap hari.
Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat mencoba.....