SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 4 February 2012

TIPS SUKSES UN


Ketika menjelang ujian nasional banyak siswa yang hampir setres hal ini dikarenakan berbagi hal yaitu: memikirkan materi ujian yang menakutkan di tambah lagi dengan adanya momok standar kelulusan yang semakin lama semakin tinggi. Tapi semua itu bukan lagi jadi beban hidup ketika kita tahu bagaimana kita mempersiapkan diri dalam menghadapinya. Disini akan saya uraikan beberapa trik agar anda bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Ini triknya :
1.        Hadapi dengan senyuman
Senyum adalaha symbol kebahagiaan,banyak orang yang meremehkan sebuah senyuman. Jika soal yang ada kita hadapi dengan senyuman maka akan mengurangi beban mental akan bayang-bayang ujian yang menakutkan dan akan lebih nyaman dalam mengerjakan soal.

2.       Siapkan materi
Kumpulkan materi yang terkait dengan ujian, dengan sperti itu ita akan lebih mudah dalam mempelajari materi ujian. Tinggal buka,baca dan memahaminya.

3.       Kuasai materi
Usahakan kuasai materi ujian,walaupun tidak semua tapi paling tidak sebagian besar materi telah di kuasai. Penguasaan materi yang baik akan membuat anda lebih tenang dalam mengerjakan soal.

4.       Perkuat spiritual
Setiap usaha yang kita lakukan hendaknya dibarengi dengan mendekatkan diri pada yang kuasa. Hal ini dapat dilakukan dengan berdoa menurut agama dan keprcayaan masing-masing. Misalnya bagi umat islam memperbanyak tahajud puasa senin kamis dan ibadah iabadah yang lain.

5.       Jaga kesehatan
Kesehatan merupakan hal yang penting bagi manusia, usahakan pada saatujian dalam kondisi yang fit. Kurangi kegiatan-kegiatan yang beresiko terhadap kesehatan dan manimbulkan kelelahan. Bila perlu memeriksakan diri kedokter segera periksakan kesehatan anda agar sakitnya tidak tambah parah,sehingga ketika ujian udah ready

6.       Datang tepat waktu
Usahakan datang tepat pada waktunya dengan seperti itu anda akan merasa lebih nyaman dan tidak terburu-buru karena takut terlambat

7.       Gunakan alat tulis standar ujian
Alat ulis ujian merupakan hal penting yang tidak bisa kita abaikan begitu saja, karena jawaban ujian itulah yang akan menentukan and adapt lulus atau tidak. Karena scanner hanya dapat membaca jawaban yang menggunakan alat tulis standar ujian.

8.       Baca dengan seksama petunjuk soal
Denga meembaca petunjuk soal yang ada anda akan tahu seperti apa menjawab soal ang benar

9.       Gunakan waktu dengan sebaik-baaiknya
Alokasi waktu yang tersedia manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya karena saat itulah pertarunga dimulai dan kelulusan sebagi taruhanya. Gunakan waktu yang ada dengan maksimal.

10.   Kerjakan soal yang paling mudah
Mengerjakan Soal yang lebih mudah terlebih dahulu akan membantu anda mengurangi beban mental. Jika anda merasa enjoy di awal maka anda akan lbih rileks dan dapat berfikir dengan jernih

11.      Minimalisir kecurangan
Jangan melakukan kecurangan kecurangan dalam bentuk apapun karena itu akan mengancam zona aman anda. Jika pengawsnya killer kecurangan kecil sa berdampak fatal, bahkan anda bisa gagal mengikuti ujian

12.    Berpasrah diri
Ketika semua sudaah anda lalui maka anda tinggal berpasrah diri denagn memperbanyak doa mudah-mudahan hasil ujian anda memuaskan……..