SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 4 February 2012

TUTORIAL GOOGLE EARTH MEMBUAT TANDA LETAK

Membuat Tanda Letak untuk Ayers Rock

Anda dapat menggunakan tanda letak untuk menandai lokasi mana saja di planet ini. Setelah dibuat, tanda letak akan ditampilkan dalam map Tempatku dalam panel Tempat. Anda kemudian dapat pergi dengan cepat ke lokasi yang telah ditandai kapan saja dengan mengeklik dua kali tanda letak itu pada panel Tempat. Selain itu, Anda dapat mengedit, memindahkan, membagi, atau menghapus tanda letak mana saja. Pelajari lebih lanjut.
Tanda Letak di Google Earth
Dalam latihan ini, Anda akan membuat tanda letak baru untuk Ayers Rock. Untuk melakukannya:
  1. Pergi ke Ayers Rock. Untuk keperluan latihan ini, cara tercepat untuk melakukannya adalah memasukkan koordinat lintang dan bujur berikut ke dalam bidang Fly To (Terbang Ke) dalam panel Search (Penelusuran) (lihat diagram di atas):

    25 20'42.28"S 131 2'6.24"E

    Tekan Enter. Google Earth terbang ke Ayers Rock. (Jika diinginkan, Anda dapat mencari lokasi ini tanpa perlu menggunakan koordinat di atas. Pelajari lebih lanjut dalam panduan pengguna atau tutorial ini.)
  2. Klik tombol Tanda letak dalam bilah alat tombol Tanda letak. Kotak dialog Baru terbuka dan ikon tanda letak ditampilkan tepat di tengah penampil 3D.
  3. Coba gerakkan tanda letak dengan mengeklik dan menariknya. Anda dapat menggunakan metode ini untuk memindahkan tanda letak ke lokasi mana saja dalam penampil 3D.
  4. Di kotak dialog Baru, masukkan informasi berikut ini. Abaikan kolom lainnya sekarang:
    • Nama: "Ayers Rock"
    • Uraian: "Batu yang sangat besar di Australia."
  5. Klik OK. Google Earth menampilkan tanda letak Anda dalam penampil 3D dan di bagian atas map Tempatku dalam panel Tempat.
  6. Untuk melihat tanda letak setiap saat, klik dua kali tanda letak dalam panel Tempat. Untuk hanya menampilkan uraian balon tanda letak, klik sekali tanda letak dalam penampil 3D atau panel Tempat.
Catatan - Tanda letak hanya ditampilkan dalam penampil 3D jika dicentang. Jika Anda tidak dapat melihat tanda letak dalam penampil 3D, pastikan kotak di sampingnya dalam panel Tempat sudah dicentang.