SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 2 March 2012

CARA MENDETEKSI MINAT BELAJAR



Minat belajar merupakan hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Pasalnya melalui minat inilah tercipta iklim belajar yang kondusif serta tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda dalam belajar sehingga sulit untuk mengetahui orang yang belajar tersebut benar-benar berminat atau tidak dengan apa yang dipelajarinya. Untuk mendeteksi minat belajar seseorang dapat dilihat dari beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:

Perasaan senang
Ketika seseorang senang dengan apa yang dipelajarinya berarti ada indikasi bahwa orang tersebut memiliki minat yang baik terhadap apa yang dipelajarinya.Senang atau tidaknya seseorang bisa kita lihat dari ekspresi wajah dan perilakunya saat belajar. Orang yang tidak minat dengan apa yang dipelajari biasanya cenderung murung dan ogah-ogahan dalam belajar, tetapi jika orang tersebut memiliki minat yang baik maka akan cenderung ceria  saat belajar.

Memiliki perhatian
Perhatian atau tidaknya seseorang saat belajar bisa dilihat dalam sikapnya saat belajar. Ketika saaat belajar mau bertanya dengan apa yang dipelajarinya berarti tumbuh minat untuk bisa menguasai apa yang dipelajarinya. Orang yang tidak memiliki minat biasanya cuek, walaupun tidak memahami apa yang dipelajarinya.

Berkonsentrasi
Ketika memiliki minat yang baik maka dia akan berusaha berkonsentrasi dengan apa yang dipelajarinya. Biasanya hal ini karena dia ingin bisa menguasai apa yang dipelajari. Konsentrasi ini bisa dilihat dari sikapnya saat belajar. Karena orang yang konsentrasi dan tidak dapat dilihat dari sikapnya saat belajar.

Pantang menyerah
Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda dalam menyerap apa yang dipelajari. Sebagian memiliki daya serap yang rendah, ketika memiliki minat yang baik tidak akan menyerah begitu saja saat mengalami kegagalan dalam belajar. Justru semakin sering belajar dari kesalahan akan semakin faham dengan apa yang dipelajari.

Berusaha menemukan hal yang baru
Orang yang memiliki minat belajar yang baik akan berusaha menemukan hal yang baru dari apa yang dipelajarinya baik dari segi pengetahuan maupun kemampuan.

Sedikit coretan mengenai mendeteksi minat belajar. Mudah-mudahan bermanfaat....