SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 24 May 2012

MENYIKAPI KELULUSAN UN DENGAN BIJAKSANA

sumber gambar:www.beritapulauseribu.com

Kelulusan merupakan hal yang palin ditunggu-tungu oleh setiap siswa yang menjalani ujian. Antara perasaaan cemas dan berhap bercampur menjadi satu. Pasalnya, pengumuman kelulusan merupakan penentu kelanjutan studi berikutnya. Selain itu kelulusan juga penentu berhasil tidaknya dalam menempuh studi selama pendidikan. Hingga tak jarang ketika pengumuman telah disampaikan dan dinyatakan lulus dilampiaskan dengan kegiatan negatf, mulai dari kegiatan corat-coret, konvoi sepeda motor dijalanan hingga pesta seks dan miras. Beberapa hal positif yang dapat dilakukan dalam menyikapi kelulusan UN diantaranya adalah:

Bersyukur pada Tuhan
Keberhasilan dalam pendidikan tak lepas atas rahmat dari Tuhan. Dalam bersukur ini bias dilakukan dengan melakukan kegiatan positif menurut tuntunan agama masing-masing. Sudah menjadi kewajiban manusia untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan.

Ucapkan terima kasih kepada guru
Dalam menempuh pendidikan tak lepas dari perjuangan, bimbingan dan dukungan guru dalam menimba ilmu pengetahuan  selama proses pembelajaran disekolah. Karena bagaimanapun guru adalah orang tua ketika disekolah. Ucapkan terima kasih yang tulus atas perjuangannya dan mohon doanya mudah-mudahan diberi kesuksesan di jenjang berikunya.

Hindari kegiatan foya-foya
Kegiatan foya-foya ini sering dilakukan oleh para siswa setelah pengumuman diterma dan dinyatakan lulus. Kelulusan bukanlah akhir dari perjunagn dalam hidup, justru mulai menapaki masa depan yang lebih berat lagi. Kegiatan foya-foya hanya akan merugikan diri sendiri baik secara fisik maupun materi.

Tetap optimis menapaki masa depan
Setelah kelulusan ada beberapa pilihan yang harus dijalani dimasa yang akan datang, melanjutkan studi atau bekerja. Tentunya setiap orang memiliki pilhan sendiri-sendiri. Apapun pilihan itu pastinya sudah dipertimbangkan dengan baik. Tetaplah optimis dalam menjalani hidup, untuk meraih kesuksesan.

Sedikit coretan mengenai menikapi kelulusan UN, mudah-mudahan bermanfaaat dan mari sikapi kelulusan UN dengan bijaksana.