SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Sunday 27 May 2012

TIPS PENTING MENGHADAPI TES SNMPTN



Pengumuman kelulusan sudah diumumkan serentak tanggal 26 Mei 2012. Namun, bagi sebagian siswa bukan berarti dapat bernafas lega dan foya-foya, karena masih harus bertempur untuk masuk perguruan tinggi negeri dengan mengikuti jalur ujian tulis SNMPTN yang akan digelar bulan Juni mendatang. Menjelang tes biasanya persiapan telah dilaksanakan termasuk mengikuti bimbingan belajar dan les privat, namun tak sedikit pula yang gagal memasuki universitas idaman. Beberapa hal dapat dilakukan saat persiapan tes SNMPTN diantaranya adalah:

Perhatikan daya saing jurusan yang dituju
Memperhatikan daya saing merupakan hal yang penting untuk menyusun strategi, karena dari daya saing itulah kita tahu seberapa besar kemampuan yang dimiliki dengan kesempatan dan peluang yang mungkin kita dapatkan. Informasi daya saing biasanya dapat kita lihat dalam situs universitas tujuan atau panitia lokal SNMPTN

Sesuaikan kemampuan dengan jurusan tujuan
Penyesuaian ini merupakan strategi untuk dapat diterima di jurusan impain. Karena kemampuan merupakan factor penting untuk kelanjutannya setelah diterima kelak. Jika kemapuannya sedang-sedang saja pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan tersebut.

Cermati soal tahun sebelumnya
Pada dasarnya soal SNMPTN dari tahun ketahun memiliki kemiripan materi, hanya saja kadang ada sedikit dikembangkan. Yang merasa sulit karena setiap tahun yang mengerjakan soal itu orang yang berbeda. Perbanyak latihan soal tahun sebelumnya dan cermatilah tipe soalnya.

Fahami aturan mainnya
Hal yang fatal dan sering disepelekan adalah tidak memahami aturan main dalam menjawab soal. Tipe pengoreksian jawaban berbeda dengan soal UN. Dalam SNMPTN jika benar +4 jika salah -1. Jika ada peraturan demikian maka jangan mencoba menjawab soal yang tidak yakin jawabannya. Dalam hal ini harus main strategi, jawablah soal yang benar-benar tahu jawabannya daripada harus kehilangan skor karena salah dalam menjawab.

Kenali lokasi tesnya
Mengenali lokasi tes merupakan hal yang penting, jangan sampai saat mengikuti tes terlambat karena tidak ketemu mencari empat tesnya. Usahakan sehari sebelumnya sudah memastikan ketempat tes. Hal ini untuk orientasi awal dan persiapan mental. Bagi yang jarak tempat tinggalnya jauh dengan lokasi tes lebih baik mencari penginapan disekitar lokasi tes agar lebih bias berkonsentrasi dan tidak lelah.

Keseimbangan antara doa dan usaha
Antara usaha dan doa merupakan dua hal yang salin mendukung. Jalankan keduanya secara selaras dan seimbang. Dalam usaha yang sungguh-sungguh dibarengi dengan doa yang sungguh-sungguh pula keberhasilan sudah didepan mata.

Seedikit goresan tulisan ini, mudah-mudahan bermanfaat dan apa yang diimpikan masuk perguruan tinggi favorit dapat tercapai. Amiin…..