SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Sunday 12 August 2012

TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN


Kegiatan mudik merupakan tradisi yang istimewa bagi masyarakat Indonesia. Menjelang lebaran kegiatan mudik menjadi hal yang wajib, karena ingin merayakan lebaran di kampung halaman. Dengan berbagai sarana para pemudik menuju kampung halaman baik dengan motor, bus, mobil pribadi, kereta maupun pesawat. Namun, kadang dalam kondisi mudik ini terjadi ketidaknyamanan karena kurangnya persiapan untuk mengantisipasi dalam perjalanan menuju kampung halaman. Berikut adalah tips agar mudik anda nyaman sampai ditujuan.
Gunakan armada yang aman
Armada yang digunakan untuk mudik merupakan hal yang penting untk mengantarkan sampai ditempat tujuan dengan selamat. Bagi menggunakan kendaraan pribadi usahan dicek kesiapan armada yang akan digunakan sehingga tidak mogok dijalan. Namun, jika mengunakan kendaraan umum gunakan armada kendaraan umum yang memiliki track record yang baik sehingga perjalanan bisa nyaman dan aman hingga ditempat tujuan.
                                       
Minimalisir barang bawaan
Bawalah barang yang menjadi prioritas selama mudik, sehingga tidak repot saat dalam perjalanan. Jika membawa oleh-oleh khas usahakan dikemas dengan baik agar tidak rusak dalam perjalanan.  Jangan sampai barang yang di bawa justru menimbulkan ketidaknyamanan saat perjalanan

Jaga kesehatan
Dalam perjalanan mudik kesehatan merupakan hal yang penting. Jika merasa kurang sehat segera periksakan kedokter sebelum melaksanakan kegiatan mudik sehingga tidak merepotkan karena sakit dalam perjalanan.

Tetapkan rute perjalanan
Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi rute perjalanan merupakan hal yang penting, karena rute inilah yang akan dilalui untuk menuju tempat tujuan. Jika memilih jalur alternatif pilihlah jalur alternatif yang memadai baik dari segi prasarana trasportasi maupun medan yang akan dilalui. Jika menggunakan kendaraan umum usahakan memilih jurusan kendaraan umum yang paling mudah menjangkau daerah tujuan sehingga tidak berganti armada untuk berpindah jalur.

Hindari membawa barang berharga yang berlebihan
Saat mudik bawalah barang seperlunya, utamanya barang-barang yang bernilai tinggi baik berupa asesoris,perhiasan maupun gadget. Hal ini untuk meminimalisir tindak kejahatan selama perjalanan. Jika selama mudik membutuhkan uang banyak usahakan disimpan di bank, jika membutuhkan uang bisa diambil melalui ATM.

Mudah-mudahan bermanfaat, menjadi mudik yang menyenangkan dan selamat hingga di tempat tujuan.