SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 29 September 2012

MENGUASAI DUNIA DENGAN BELAJAR GEOGRAFI



Ketika kita mendengar pelajaran Geografi yang pertama terlintas di benak kita adalah pelajaran tentang kebumian dan hafalan-hafalan yang menyesakkan dada seolah tak sanggup untuk mengahfalkan seisi bumi ini. Pola pemikiran inilah yang kadang menghambat kita untuk mempelajari geografi karena telah terkonsep bahwa pelajaran geografi itu hanya hafalan,hafalan dan hafalan.

Sebenarnya hal itu juga tak sepenuhnya salah tapi juga tak sepenuhnya benar. Karena pada hakekatnya pelajaran geografi adalah pelajaran yang membekali kita untuk berfikir secara spasial atau berfikir secara keruangan. Nah, timbul pertanyaan, berfikir secara keruangan yang seperti apa? Berfikir secara keruangan di dalam pelajaran geografi adalah berfikir mengenai persamaan dan perbedaan  di ruang muka bumi ini dengan segala karakteristiknya sehingga setelah mempelajarinya timbul pertanyaan dalam benak kita” mengapa bisa seperti itu?”

Sebenarnya untuk bisa menjawab pertanyaan seperti tidaklah mudah namun juga cukup menyenangkan ketika kita benar-benar menghayati pertanyaan itu. Karena saat ini sumber informasi di dunia maya mudah sekali diakses banyak hal yang bisa kita dapat di sana.

Bagaimana dengan belajar geografi bisa menguasai dunia ?
Nah, untuk mejawab pertanyan itu kita teringat senjata seorang geographer yaitu PETA. Ketika kita melihat film DORA ketika dia bingung jalannya maka yang dia buka adalah PETA. Dengan pengetahuan kita mengenai peta serasa dunia ini digengaman kita. Bisa dengan mudah kita pergi ke seluruh benua dan samudera di Bumi ini. Sebagai contoh tanpa mengunjungi Amerika kita bisa mengenal seluk beluk kondisi fisik dan social benua Amerika. Dan banyak hal yang bisa kita ceritakan dari Benua Amerika.

Bagaimana cara belajar geografi yang menyenangkan?
Untuk memahami pelajaran geografi tak sedikit yang mengalami kesulitan karena telah terbelenggu oleh anggapan bahwa pelajaran geografi itu sulit dengan hafalan yang membuat kepala pusing. Nah, berikut adalah kiat agar kita mudah dalam belajar geografi diantaranya adalah:
Main Logika
Kajian geografi sebenarnya adalah alam sekitar kita yang kita jumpai setiap langkah hidup kita, baik yang bersifat fisik maupun social. Tak semuanya perlu dihafal namun juga harus dilogika, dengan melogika setiap materi maka akan lebih mudah difahami dan lebih melekat dalam fikiran kita.
Hilangkan anggapan geografi hafalan
Belenggu inilah yang mmenyesatkan pola pemikiran kita sehingga orang yang tidak suka menghafal akan merasa malas untuk mempelajarinya. Hilangkan pemikiran ini jauh-jauh agar pola piker kita terbuka untuk senantiasa ingin tahu dan belajar.
Tanamkan geografi itu menyenangkan
Ketika kita sudah menyenangi suau hal maka kita akan selalu ingin dekat dan menguasainya.  Begitu pula dengan ilmu pengetahuan jika kita menyukai karena ilmu itu menyenangkan maka kita akan berusaha ingin tahu dan menguaisai ilmu itu.

Sedikit coretan ini, mudah-mudahan bermanfaat dan mari belajar geografi untuk bisa menaklukan dunia. SEMANGAAAAT………….!