SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 17 October 2012

KINTAMANI BALI



Obyek Wisata Kawasan Batur/Kintmani terletak di Desa Batur, Kecamatan Kintamani Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli. Obyek Wisata Kawasan Batur berada pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya berhawa sejuk pada siang hari dan dingin pada malam hari. Untuk mencapai lokasi ini dari Ibu Kota Bangli jaraknya 23 km. Obyek wisata ini dapat dilalui dengan kendaraan bermotor, karena lokasi ini menghubungkan kota Bangli dan kota Singaraja.
Untuk tiba ke kawasan gunung ini dibutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan dari Denpasar. Selama perjalanan, kita akan disuguhkan pemandangan menakjubkan danau Batur yang terletak di kaki gunung Batur. Kita juga dapat menikmati pemandangan yang berbeda namun tidak kalah indahnya, bisa menyaksikan gunung Agung dan gunung Rinjani di pulau Lombok dari puncak gunung Batur. Tapi untuk sampai puncaknya, kita harus mendakinya terlebih dulu selama sekitar 3 jam.    
Pencapaian lokasi kawasan gunung Batur sangatlah mudah, dari Denpasar menuju Kintamani (Kota Kecamatan yang merupakan kawasan wisata gunung Batur) dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi, bus, taksi atau kendaraan biro perjalanan wisata di Bali, karena kawasan gunung Batur adalah salah satu obyek wisata yang terkenal di Bali dan banyak pengunjungnya, sehingga fasilitas  jalan dan transportasi telah dipersiapkan oleh pemerintah dan swasta, termasuk jalan di dalam kaldera.  Untuk turun menuju dasar kaldera mudah dicapai dengan kendaraan roda empat dari Panelokan. Kondisi jalan cukup baik, beraspal mengelilingi tubuh gunung Batur, sehingga dalam perjalanannya dapat melihat kondisi tubuh gunung Batur dari segala arah dari dalam kaldera.
Sementara itu Pencapaian kawah/puncak gunung Batur  dapat dilakukan dari beberapa arah, di antaranya yang mudah adalah dari arah  baratlaut dimulai dari Latengaya atau dari Yehmampeh. Dari jalur ini dapat dengan mudah mencapai Kawah  yang memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Selain itu untuk  mencampai puncak juga dapat dilakukan dari arah selatan dimulai dari kampung Seked dan dari arah timurlaut dimulai dari kampung Songan. Dari ketiga arah tersebut yang paling mudah adalah pendakian dari kampung Yehmampeh dari arah barat laut.