SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 20 December 2012

SNMPTN UNTUK LULUSAN SEBELUM 2013



Berdasarkan pengumuman yang dirilis panitia SNMPTN nasional, penerimaan mahasiswa tahun 2013 mengalami perbahan yang mendasar. Perubahan ini adalah pada jalur masuk universitas. Tahun-tahun sebelumnya masih dilakukan seleksi ujian tulis. Namun, mulai tahun 2013 ini ujian tulis SNMPTN dihapuskan. Lalu bagaimana system penerimaan mahasiswa baru yang berlaku mulai tahun 2013 ini?

Tahap pendaftaran SNMPTN yang harus dilalui adalah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh kepala sekolah melalui http://pdss.snmptn.ac.id. Kepala sekolah harus mendaftarkan sekolah, mengisi profil sekolah, mengisi rekam jejak akademik siswa sampai dengan semester lima, nilai rapor semua mata pelajaran dimasukkan kecuali muatan lokal, dan mendapatkan "password" bagi setiap siswa untuk verifikasi.

Siswa melakukan verifikasi rekam jejak prestasi akademik yang telah diisi kepala sekolah, siswa mendaftar SNMPTN melalui laman http://snmptn.ac.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan "password" yang diberikan kepala sekolah untuk verifikasi. Kepala sekolah memberikan rekomendasi kepada siswa yang telah mendaftar SNMPTN, pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan, dan pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti SNMPTN.

Lalu bagaimana siswa lulusan tahun sebelumnya?
Bagi lulusan sebelum tahun 2013 tidak usah berkecil hati, pada tahun ini ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri (UM).

SNMPTN diselenggarakan pemerintah dengan kuota minimal 50 persen, SBMPTN diselenggarakan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) dengan kuota minimal 30 persen, dan UM yang diselenggarakan masing-masing PTN dengan kuota maksimal 20 persen.
Untuk siswa lulusan sebelum tahun 2013 masih dapat mengisi formasi SBMPTN sebesar 30 persen dan UM sebesar 20 persen. Ketentuan mengenai SBMPTN dan UM dapat dilihat pada bagian informasi penerimaan mahasiswa baru universitas tujuan.