SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 19 January 2013

PENTINGNYA PENDEKATAN KERUANGAN UNTUK ATASI BANJIR JAKARTA



Banjir Jakarta, hal ini sudah bukan menjadi hal yang biasa bagi warga ibu kota. Banjir Seakan telah menjadi sahabat setia warga ibu kota. Pada tanggal 17 Januari lalu pusat ibu kota hampir lumpuh sehingga isu pemindahan ibu kota negara pun sempat mencuat kembali karena parahnya banjir yang melanda.

Pertanyaan yang sering muncul dalam benak kita adalah “ini salah siapa?”. Ketika berbicara tentang salah siapa kejadian banjir tak bisa menyalahkan siapa-siapa, hal ini karena banjir adalah kejadian yang tersistem. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari faktor alam  hingga kegiatan manusia.

Banjir yang terjadi dijakarta tak hanya karena ulah warga Jakarta, kenapa demikian? Hal ini karena posisi Jakarta berada dihilir DAS yang hanya menerima dampak karena kerusakan disepanjang DAS dari hulu hingga hilir.

Jika memang benar benar Jakarta ingin terbebas banjir tak hanya upaya pencegahan di Jakarta saja, tetapi jugu mulai dari hulu DAS di kawasan Bogor. Upaya mati-matian kawasan hilir untuk mengatasi banjir tak akan berarti tanpa dibarengi dengan upaya sungguh-sungguh di hulu DAS.

Kini pemerintah DKI harusnya sudah memulai memikirkan upaya mengatasi banjir secara keruangan bersama-sama dengan daerah hulu. Hal ini penting dilakukan agar upaya Jakarta untuk mengatasi banjir tak lagi sia-sia.