SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 31 January 2013

SUKSES UN TANPA BIMBEL


Ujian Nasional seolah menjadikan momok sebagian besar siswa dari siswa SD hingga SMA. Terlebih lagi untuk siswa SMA karena nilainya menjadi pertaruhan saat masuk ke perguruan tinggi negeri. Sehingga saat menjelang UN para siswa berbondong-bondong untuk mengikuti program dibimbingan belajar dengan biaya yang tak sedikit.

Bimbel merupakan alternative lain yang dipilih untuk memperoleh nilai yang baik saat menempuh UN. Bagi siswa yang berduit mungkin hal ini bukanlah masalah, namun bagi siswa yang kurang mampu dalam hal finansial mengikuti program bimbingan belajar sungguh berat. Untuk sekolah saja harus bekerja kerasa apalagi untuk mengikuti program bimbingan yang biayanya mahal.

Sebenarnya bimbel juga bukanlah penentu utama keberhasilan siswa dalam memperoleh nilai baik. Karena bimbel sifatnya sebagai pendukung materi disekolah. Jika tidak bisa mengikuti bimbingan belajar tidak usah berkecil hati ataupun minder, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperoleh nilai yang baik.

Motivasi diri untuk belajar
Motivasi dari dalam diri biasanya memiliki kekuatan yang lebih disbanding motivasi dari orang lain. Ketika dalam diri sudah tertanam motivasi yang kuat maka alam bawah sadar akan bekerja dengan sendirinya untuk menggerakkan diri kita untuk belajar.

Membeli buku bimbel
Yang dipelajari di bimbel sebenarnya adalah buku yang diterbitkan oleh bimbel tersebut. Kita bisa belajar mandiri dari buku tersebut. Jika ada soal yang belum faham bisa ditanyakan kepada teman yang lain atau guru mapel yang bersangkutan.

Optimalkan les di sekolah
Saat menjelang UN sekolah bisanya memfasilitasi siswanya utnuk mengikuti les di sekolah. Dalam les ini biasanya yang disepelekan oleh para siswa dengan berbagai alasan. Padahal les disekolah ini sudah masuk dalam pembayaran SPP. Sehingga ketika kita tidak mengikutinya maka kita akan rugi, karena sudah membayar tetapi tidak menikmatinya.

Optimalkan belajar kelompok
Belajar kelompok juga dapat dijadikan alternative lain. Namun, yang menjadi kendala biasanya adalah komitmen dalam belajar kelompok. Niat awalnya ingin belajar kelompok namun ketika sudah berkumpul semua justru beralih niat. Dalam belajar kelompok ini bisa mendiskusikan materi yang belum difahami, jika terdapat kesulitan dalam hal menjawab soal bisa ditanyakan ke guru mapel yang bersangkutan.

Perbanyak latihan soal
Dengan banyak berlatih soal maka kemampuan materi kita akan senantiasa terasah dengan berbagai tipe soal tersebut. Karena tipe soal UN juga tak jauh dari tahun-tahun sebelumnya, hany saja materi yang sedikit diubah. Soal-soal tahun sebelumnya juga bisa digunakan sebagai referensi soal untuk latihan.

Sedikit tulisan ini mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi para pembaca. Mudah-mudahan sukses selalu.