SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 14 March 2013

PANTAI SEMBUKAN, BAGAIKAN MUTIARA TERPENDAM



Pantai sembukan, merupakan sebuah pantai indah di selatan kabupaten Wonogiri tepatnya di Kecamatan Paranggupito. Pantai ini mungkin masih terasa asing, namun sebenarnya ada pesona yang luar biasa di pantai sembukan ini. Untuk mencapai pantai ini memang memerlukan perjuangan yang luar biasa, karena jalannya yang berkelok-kelok khas pegunungan karst.

Pantai Sembukan dapat ditempuh sekitar 3 jam dari pusat kota Kabupaten wonogiri, sepanjang perjalanan disuguhi oleh indahnya kenampakan karst pegunungan sewu dengan berbagai macam bentuknya.

Walaupun untuk mencapainya membutuhkan perjuangan panjang, namun perjuangan itu terbayarkan oleh indahnya deburan ombak khas pantai selatan dan kokohnya dinding-dinding karang yang menghadang dengan hiasan tumbuhan khas di daerah karst. Selain itu hamparan pasir putih serta birunya laut turut memanjakan mata para pengunjung.

Pantai sembukan juga memiliki pesona spiritual, konon katanya banyak pejabat yang pernah bertapa disekitar pantai sembukan. Sebagian besar dari mereka melakukan ritual agar tujuannya tercapai, namun sebagian lagi hanaya sekedar inginm menenangkan diri. Biasanya ritual dilakukan saat malam selasa dan malam jumat. Di tepi pantai ini juga disediakan pertapaan yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bertapa.

Keindahan pantai sembukan hingga kini masih menjadi favorit di daerah Wonogiri, pasalnya untk menikmati keindahannya para pengunjung tidak dipungut tiket masuk. Sehingga  bagi yang memiliki ekonomi menengah ke bawah bisa menikmati indahnya pantai ini. Jika anda berkunjung ke Wonogiri, Solo atau Pacitan tak ada salahnya jika singgah di pantai ini untuk menikmati keindahannya secara gratis.