SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 14 March 2013

PESONA MUSEUM KARST INDONESIA



Museum karst Indonesia, mungkin tempat ini masih terasa asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dan masih belum tenar seperti museum-museum tua di Indonesia. Museum ini diresmikan oleh Presiden RI pada tahun 2009 lalu.

Museum ini terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri . Jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi membutuhkan waktu sekitar 90 menit dari pusat kota Kabupaten Wonogiri.

Dari luar telihat bangunan museum yang unik, namun masih terlihat baru tak seperti museum pada umumnya yang terkesan kuno. Memasuki lobi utama disambut dengan kenampakan replika stalaktit dan stalakmit yang menjulang tinggi dan indah seperti yang terdapat di goa-goa. Semakin kedalam banyak lagi fasilitas yang dapat dinikmati sambil belajar mengenai seluk beluk karst.

Diorama kenampakan karst
Dalam ruang diorama ini disuguhkan miniature karst yang ada di Indonesia mulai dari bentuk, proses dan peradaban masa lampau yang pernah tinggal dikawasan karst. Selain itu juga terdapat berbagai macam bentukan alam karst yang ada di Indonesia.


Diorama karst dunia
Dalam diorama karst ini pengunjung disuguhi persebaran karst dunia dengan viseo interkatif dan audio visual yang mencengangkan seolah kita berada pada Negara tersebut. Sehingga dengan mengamati video tersebut tanpa kita sadari sudah belajar mengenai karst diseluruh dunia.


Pemutaran film dokumenter
Failitas lain yang dapat kita nikmati adalah pemutaran film dokumenter yang menggambarkan proses gologi dan pembentukan karst,  suasana yang disuguhkan seolah seperti bioskop sehingga saat menikmati video pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati film yang durasinya sekita 30 menit.

Semua fasilitas yang disuguhkan oleh museum karst adalah gratis tanpa dipungut biaya, hanya saja membayar retribusi pemda sebesar Rp. 2000 yang dikelola oleh pemerintah Kabupaten Wonogiri. Pihak museum sendiri menggratiskan kunjungan, sehingga tak salah saat anda jalan-jalan ke Wongiri atau ke Solo untuk mampir ke Museum karst Indonesia, selain berwisata juga dapat menambah pengetahuan  kita.