SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 21 March 2013

TIPS MENGHILANGKAN SINGDROM PRA UN



Ujian nasional tinggal mengitung hari lagi, bulan April semua siswa tingkat akhir akan menempuh UN secara serentak di seluruh Indonesia. Berbagai persiapan telah dilakukan baik secara materi fisik maupun mental. Namun, tak jarang pula siswa ada yang mengalami singdrom pra UN. Singdrom ini biasanya muncul karena ketakutan dengan bayang-bayang ujian nasional yang gemanya begitu mengerikan. Berdasarkan ketentuan dari pemerintah UN tahun ini berbeda dengan UN tahun sebelumnya. Jika tahun 2012 kemarin menggunakan 5 paket namun tahun ini menggunakan 20 paket soal. Sehingga kesempatan melakukan kecurangan sangat kecil.

Seperti apapun bayang-bayang UN harus dihilangkan karena UN lah jalan satu-satunya untuk dapat memperoleh ijazah tingkat SD, SMP maupun SMA. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bias mengatasi singdrom pra UN diantaranya adalah:

Bulatkan niat
Niat merupakan hal penting yang harus dipersiapkan dengan baik, jika niat yang dimiliki telah kuat maka alam bawah sadar akan bekerja dengan sendirinya menggerakkan tubuh giat belajarnya.  Jika niat ini belum bulat, maka ingatlah hal terburuk seandainya tidak lulus UN.

Fokuskan materi belajar
Soal UN biasanya tidak jauh-jauh dari soal tahun sebelumnya. Hal ini bisa disiasati dengan mempelajari soal un terdahulu, biasanya 5 tahunan. Karena selama 5 tahunanlah kurikulum Indonesia biasanya  berganti.  Dengan memahami tipe soal yang sering keluar, materi yang dipelajari akan lebih mengarah pada soal UN.

Tenangkan jiwa
Menenangkan jiwa merupakan hal yang penting sebelum menempuh UN, karena fikiran akan terasa fresh saat jiwa kita tenang tanpa beban. Menenangka jiwa ini bisa dilakukan dengan bermeditasi atau sekedar berdiam diri. Dengan jiwa yang tenang maka pintu berfikir akan terbuka dan segalanya terasa lebih mudah.

Bebaskan dari berbagai masalah
Masalah yang ada dalam diri akan mengahambat fikiran untuk dapat berfikir jernih, karena dalam diri masih terbebani adanya masalah yang belum terselesaikan. Jangan sampai masalah yang ada justru membebani diri untuk dapat berfikir jernih.  Jika memang memiliki masalah, selesaikan masalah itu sebelum menempuh UN agar fikiran terasa plong saat menempuh UN.

Dekatkan diri dengan Tuhan
Mendekatkan diri dengan Tuhan merupakan hal yang penting, karena  setiap usaha tak bisa dilepaskan dari campur tangan sang pencipta. Perbanyak berdoa dan beribadah agar senantiasa dimudahkan dan diberikan kelancaran saat menempuh UN sehingga hasil yang diharapkan bisa tercapai.

Sedikit coretan mengenai cara mengatasi singdrom pra UN, mudah-mudahan bermanfaat dan apa yang diharapkan bisa terwujud. Amiin……