SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 13 April 2013

MINDSET SALAH DALAM MENGHADAPI UN





Ujian nasional memang merupakan kegiatan yang paling mendebarkan sepanjang sejarah sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Hal ini karena nasib lulus dan tidaknya tergantung dalam pelaksanaan UN tersebut. Karena sedemikian menakutkan inilah berbagai cara dilakukan demi UN, agar dapat lulus dengan nilai yang baik. Nah, berikut ini adalah beberapa mindset salah yang sering muncul dalam menghadapi UN

Paranormal adalah penyelamat
Indonesia merupakan Negara yang masih banyak yang mempoercayai paranormal, sehingga dalam kehidupannya paranormal masih menyertai kepercayaan masyarakat termasuk dalam pelaksanaan UN, hal ini dilakukan dengan cara memohon kepada paranormal untuk memberikan doa ataupun jimat untuk memuluskan kegiatan UN. Sebenarnya hal ini sangatlah menyesatkan, para normal hanyalah orang biasa, tak ada yang bisa menentukan kelulusan kecuali Alloh. Percayalah pada kuasa Alloh dalam menentukan nasib hambaNya.

UN Soalnya sulit
Bayang-bayang  soal UN sulit  sering dirasakan sebelum menjalani tes UN. Sebenarnya anggapan itu adalah salah, soal UN tak sesulit yang dibayangkan asalkna mau berusaha dan mendalami materi yang telah disampaikan oleh guru. Selagi ada kemauan untuk berusaha dan belajar pastilah mudah.

Berharap bantuan teman
Dalam UN tahun ini soalnya dibuat beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya menggunakan system kode lima paket soal kini menggunakan sistem barcode yang tak dapat ditebak mendapatkan soal dengan tipe seperti apa. Dalam menempuh UN yakinlah pada kemampuan diri sendiri tanpa harus berharap bantuan orang lain karena hal itu mustahil dalam UN tahun ini.

Sebenarnya UN tidak seperti yang dibayangkan, begitu menakutkan sehingga justru membuat down menjelang UN. Optimislah bahwa kita mampu menempuh UN dan lulus dengan nilai yang baik. Usaha maksimal, doa yang tulus dan restu mulia orangtua pasti menuntun kita kedalam kesuksesan. Semangat dan sukses selalu…..