SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 6 April 2013

PESONA KEMEGAHAN GOA GONG

Kota seribu goa, sebutan ini emmang cocok untuk Pacitan. Karena memang pacitan memiliki ribuan goa yang menakjubkan. Posisi geografis Pacitan yang merupakan daerah karst membentuk ribuan goa karst yang luar biasa. Hanya saja dari ribuan goa itu hanya beberapa yang dikelola untuk wisata, salah satunya adalah Goa Gong. Goa Gong merupakan salah satu goa di pacitan yang kian tersohor keindahannya, belum dikatakan ke Pacitan jika belum mengunjungi Goa Gong. Beberapa pesona keindahan yang dapat kita nikmati

Pintu masuk Goa Gong
Jika dilihat dari luar memang terkesan sederhana, namaun semakin menyusuri masuk kedalam goa, terdapat Pancaran indahnya biasan stalaktit dan stalakmit yang disinari oleh lampu penerangan.

 Kenampakan stalaktit dan stalakmit

Kilauan setalaktit nampak seperti batu permata yang tersinari oleh sinar, nampak mengkilap dan nampak indah

Kenampakan sungai bawah tanah
Diantara selingan stalaktit dan stalakmit terdapat sungaibawah tanah yang jernih dan dingin, saat dirasakan pun terasa segar dan tawar. Konon katanya ada yang mempercayai jika digunakan untuk membasuh muka bisa awet muda.

Kenampakan atap goa
Atap goa nampak kokoh dan berkilau meneteskan air yang sejuk dan dingin khas goa karst, seolah tak ingin membiarkan para pengunjungnya terasa panas selama menikmati goa.

Persewaan lampu senter
Jika ingin menikmati kondisi goa dengan detail dapat menyewa lampu senter untuk dibawa masuk, sewanya pun cukup murah hanya dengan Rp. 5000.

Kios makanan khas Pacitan
Setelah berjalan-jalan tak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Pacitan yang beraneka ragam dan dengan harga yang terjangkau. Tetapi jangan lupa jika membeli ditempat ini harus ditawar dulu. Agar bisa mendapatkan harga yang murah.

Kios Kerajinan Batu Mulia
Jika ingin membeli kenang-kenangan yang awet dan untuk barang koleksi, tak ada salahnya jika membeli barang-barang kerajinan batu mulia, mulai dari akik hingga hiasan dinding tersedia lengkap. Tinggal pilih saja mana yang disukai. Harganya pun cukup terjangkau untuk kantong wisatawan Indonesia.

Jika ke Pacitan tak ada salahnya jika mampir untuk menikmati pesona kemegahan Goa Gong. Mudah-mudahan bermanfaat.