SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 18 May 2013

TIPS MEMILIH JURUSAN IDEAL DI PERGURUAN TINGGI




Memilih jurusan diperguruan tinggi merupakan hal tak mudah, pasalnya banyak pilihan dan pertimbangan untuk menentukan perguruan tinggi mana yang akan dipilih dan jurusan apa yang diambil. Tak sedikit pula calon mahasiswa yang galau karena hal ini, kegalauan ini merupakan hal yang wajar dialami oleh para calon mahasiswa, sehingga tak jarang pula yang terlambat melakukan pedaftaran karena hingga batas akhir pendaftaran belum mendapatkan jawaban yang ideal untuk dirinya.

Berbicara mengenai jurusan yang ideal memang tidak ada definisi khusus, ideal itu yang seperti apa. Namun, setidaknya jurusan itu ideal menurut dirinya sendiri. Nah bagaimana menentukkan jurusan yang ideal?

Pilih sesuai minat
Jika kita menjalani sesuatu berdasarkan minat maka akan terasa mudah dan ringan. Minat itulah yang akan mendorong kita untuk senantiasa bereksplorasi mendalami ilmu yang ada pada jurusan tersebut. Dari sekian jurusan yang ada pilihlah yang paling diminati dan paling disukai pasti akan sukses mendalami ilmu dijurusan tersebut

Pilih jurusan terakreditasi
Kualitas sebuah jurusan biasanya ditentukan oleh akreditasi BAN PT yang dimiliki oleh jurusan tersebut. Pilihlah jurusan yang telah terakreditasi minimal telah terakreditasi B.

Sesuaikan kemampuan orangtua
Kemampuan orangtua merupakan salah satu pertimbangan yang penting jika sumber pendanaan berasal dari orangtua. Carilah jurusan yang sesuai dengan pendapatan orangtua. Jangan sampai hanya terpaku pada gengsi dapat mengambil jurusan elit tapi pada akhirnya tak mampu membiayai.

Sesuaikan dengankemampuan
Dalam penerimaan mahasiswa biasanya berdasarkan pasiing grade tertentu, jika kemampuan yang dimiliki tak sesuai dengan passing grade yang ditetapkan sebaiknya memilih alternatif lain yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jika dipaksakan maka dalam perjalanannya akan menemui banyak kendala yang terkait dengan kemampuan menyerap materi di jurusan tersebut.

Pilih jurusan yang bersifat umum
Jurusan yang berifat umum disini artinya memiliki peluang kerja yang tinggi. Setiap lembaga negeri maupun swasta menggunakan jurusan tersebut. Jika yang diambil jurusan bersifat khusus maka peluang kerjanya juga terbatas

Hindari asal pilih
Asal pilih ini biasanya sering terjadi saat sudah terdesak, ketika semua jurusan tidak dapat menerimanya. Jika demikian lebih baik menunda terlebih dahulu kemudian mengikuti seleksi ditahun berikutnya sehingga waktu jeda dalam satu tahun dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi dan mendalami materi terkait jurusan tersebut.

Jika masih bingung menentukan jurusan cobalah untuk merenungkan berbagai pertimbangan di atas. Mudah-mudahan dapat meneukan jurusan impian anda. Sukses selalu……………….