SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Monday 24 June 2013

NUPTK BARU, 24 JUNI 2013 PUKUL 13.00 EROR


Informasi mengenai pembuatan NUPTK 2013 semakin hangat diperbincangkan. Hal ini mengingat banyaknya peminat dan pentingnya NUPTK. Sesuai rilis dari PADAMU NEGERI pendaftaran NUPTK baru siap dimulai pada 24 juni pukul 13.00 WIB

"Pengguna PADAMU NEGERI yth.
Sehubungan dengan persiapan finalisasi prosedur maka proses pengajuan NUPTK Baru direncanakan akan dirilis mulai 24 Juni 2013 Pk. 13.00 WIB.
Sebagai informasi awal, perlu kami sampaikan bahwa syarat pengajuan NUPTK Baru periode 2013 hanya berlaku khusus untuk Pendidik (Guru), Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang belum memiliki NUPTK dan bertugas di satuan pendidikan jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB baik Negeri atau Swasta dibawah naungan Kemdikbud.
Adapun bagi PTK selain Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah juga akan diberi kesempatan untuk teregister aktif mendapatkan PegID (Pegawai Register ID) pada sistem PADAMU NEGERI. PegID ini nantinya sebagai syarat untuk pengajuan NUPTK Baru di masa yang akan datang.
Demikian informasi yang disampaikan, mohon maklum dan terima kasih atas pengertian serta kerjasamanya.
Salam PADAMU NEGERI
Admin Pusat
BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD
Namun saat dikses Web padamu negeri pada jam tersebut ternyata terdapat keterangan problem loading. sehingga tidak bisa diakses hingga kini.

SUPERMOON, BULAN YANG INDAH


Pada tanggal 23 Juni 2013 kemarin terjadi fenomena sopermmon yang sangat indah. Dimedia masa banyak memperbincangkan mengenai supermoon. Sebenarnya apa sih supermoon itu? Yuk kita pelajari...

Apasih supermoon itu?
Istilah supermoon dicetuskan oleh ahli astronomi Richard Nolle lebih dari 30 tahun yang lalu. Nolle mendefinisikan supermoon sebagai bulan purnama dengan posisi orbit bulan
yang sangat dekat dengan Bumi

Mengapa bisa terjadi supermoon?
Selama terjadi supermoon, matahari, Bumi, dan bulan berada dalam posisi sejajar, dengan Bumi berada di tengah. Supermoon tampak lebih besar dari biasanya karena posisi bulan yang terlalu dekat dengan Bumi.

Apa akibat supermoon?
Gaya gravitasi yang ada di Bumi, yang diberikan oleh bulan dan matahari, menyebabkan pasang-surut air laut. Hal ini sering kali dianggap sebagai penyebab munculnya bencana alam akibat supermoon.

Kapan Supermoon akan terjadi lagi?
Menurut situs EarthSky, supermoon tak akan muncul lagi sampai 10 Agustus 2014.

Friday 21 June 2013

BLSM BUKAN SOLUSI




Seiring dengan kenaikan BBM yang dimumkan 21 Juni 2013 pukul 22.00 WIB pemerintah telah mencetuskan berbagai program untuk bisa menjembatani kepanikan masyarakat terhadap kenaikan BBM salah satunya adalah BLSM. Namun, program ini mendapatkan berbagai komentar baik yang pro maupun kotra terhadap keputusan ini.

Terlepas dari pro dan kontra terhadap BLSM, yang sampai saat ini cukup banyak diperdebatkan ada berbagai realita di masyarakat yang menyebabkan BLSM ini justru berdampak negatif diantaranya adalah:

Mendidik hidup malas
BLSM dicairkan selama lima bulan, hal ini sama saja memberi uang tanpa perlu kerja keras, dengan cukup mengantri dan menunjukkan kartu BLSM uang sudah ditangan. Jika seperti itu orang akan cenderung pasif, tidak berupaya beradaptasi dengan kenaikan BBM tetapi justru menunggu belas kasihan pemerintah dari BLSM

Memunculkan konflik horizontal
Konflik hotizontal terjadi sesame masyarakat, biasanya hal Ini terjadi jika BLSM salah sasaran. Orang yang mampu mendapatkan tetapi orang yang tidak mampu justru tidak mendapatkan.  Jika hal pemberian BLSM ini tidak dikelola dengan baik maka konflik akibat salah sasaran akan muncul.

Mendidik pola hidup konsumtif
Pemberian BLSM seringkali hanya digunakan untuk membeli kebutuhan yang sifatnya sekunder. Karena untuk barang-barang kebutuhan primer sudah tercukupi dari hasil bekerja. Ibarat kata BLSM adalah bonus dari pemerintah atas kenaikan BBM. Saat maindset masyarakat demikian maka Bantuan tersebut sering dimanfaatkan untuk member barang-barang konsumtif.

Membentuk maindset salah
Saat kenaikan BBM pemerintah menghibur masyarakat miskin dengan BLSM, dengan seperti ini pemerintah seolah menina bobokkan rakyat kecil. Seolah dengan kenaikan BBM sudah ada penggantinya. Namun, banyak yag tak menyadari jika BLSM sifatnya hanya sementara, saat BLSM dihentikan daya beli masyarakat melemah karena semakin tingginya harga kebutuhan pokok akibat inflasi.

Dengan kenaikan BBM ini mudah-mudahan rakyat Indonesia dapat bertahan terhadap perubahan harga kebutuhan pokok. Kebijakan seoalh seperti dua mata pedang disatu sisi berdampak negative tetapi disisi lain berdampak positif. Terlepas dari dampak yang timbul pemerintah hendaknya bijaksana dalam meminimalisir dampak negatif perubahan harga BBM.

Wednesday 5 June 2013

KIAT SUKSES LOLOS SBMPTN




Seleksi masuk perguruan tinggi negeri merupakan hal sangat mendebarkan dan cukup menyita pemikiran. Pasalnya masuk perguruan tinggi negeri merupaka impian sebagian besar calon mahasiswa. Kini bagi siswa yang tak lolos dalam SNMPTN harus berjuang melalui ujiantulis SBMPTN yang akan digelar pada bulan juni ini.

Berbagai usaha dilakukan oleh para calon mahasiswa mulai dari les privat, les di bimbel maupun mengikuti tryout di berbagai tempat. Tes SBMPTN membutuhkan perjuangan yang lebih karena harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa yang lain. Berikut beberapa tips  untuk sukses menempuh SBMPTN:

Perdalam Materi
Materi SBMPTN pada dasarnya hampir sama dengan materi disekolah hanya saja materinya lebih bersifat umum. Untuk memperdalam materi ini bisa dilakukan dengan membaca buku-buku materi SBMPTN yang terjual ditoko.

Perbanyak latihan Soal
Semakin banyak latihan soal maka akan lebih mengasah kemampuan dalam menjawab soal. Latihan soal yang digunakan untuk latihan sebaiknya soal tahun-tahun sebelumnya. Karena pada dasarnya tipe soal SBMPTN hampir sama dengan ujian tahun-tahun sebelumnya.

Fokuskan pada Materi
Untuk menguasai semua materi UN memang bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan  perjuangan yang luar biasa. Tetapi bisa disiasati dengan fokus pada materi yang benar-benar dikuasai. Materi yng dikuasai inilah yang dijadikan andalan untuk memenuhi grade yang ditetapkan. Jika belum memiliki materi andalan maka paksa diri untuk menguasainya. Cari materi yang menyenangkan agar tidak merasa terpaksa.

Atur Strategi
Kebanyakan balon mahasiswa yang tak bisa lolos karena tak memahami strategi yang harus dilakukan dalam menjawab soal. Sistem penilaian dalam SBMPTN  berbeda dengan UN. Dalam SBMPTN sistem penilaiannya jika benar skornya 4 jika salah dikurangi 1 dan tidak dijawab maka skornya 0. Jika melihat ketentuan tersebut dalam menjawab soal harus hati-hati. Jika tidak yakin lebih baik tidak dijawab  agar tidak megalami pengurangan.

Survei Tempat Ujian
Tempat ujian dalama SBMPTN biasanya tidak hanya berlokasi pada satu tempat saja karena terbatasnya temapat yang tersedia di kampus. Sebelum menjalani ujian usahakan mengetahui terlebih dahulu tempat ujiannya hal ini akan memberikan gambaran lokasi tempat duduk di dalam ruangan sehingga sebara psikologi akan lebih siap.

Gunakan Alat Tulis Standar
Alat tulis merupakan hal yang vital karena korektor soalnya menggunakan komputer. Jika pensil yang digunakan tidak bisa di deteksi komputer maka proses pengoreksian LJK anda akan terganggu. Dan saat menjawab soal jangan sampai merusak LJK yang tersedia agar dalam proses pemindahan jawaban anda dapat lolos dengan baik.

Perbanyak Doa
Setelah semua usaha telah dilakukan secara maksimal maka kewajiban kita adalah memohon  pada Tuhan agar usaha yang dilakukan tidak sia-sia. Setiap manusia boleh berkehendak tapi eksekutor hasil tetaplah Tuhan.
Sedikit coretan ini, mudah-mudahan bermanfaat. Sukses selalu……!

INFORMASI NUPTK 2013


 
NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.
Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian lainnya, antara lain:
  • Sertifikasi PTK
  • Uji Kompetensi PTK
  • Diklat PTK, dan
  • Aneka Tunjangan PTK

Mengapa harus VerVal Ulang NUPTK 2013?

  1. NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 - 2010 kemudian dikelola oleh BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
  2. BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
  3. Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
  4. Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.

Apa manfaat bagi PTK?

  1. Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
  2. Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
  3. Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate di http://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk (dalam proses pengembangan)
  4. Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam, Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan)