SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Tuesday 4 June 2013

KEMANGI, TANAMAN KAYA MANFAAT




Kemangi merupakan tumbuhan yang cukup familier di Indonesia. Bahkan dalam menu makan pun sering digunakan sebagai lalapan. Kemangi mempunyai tinggi 60–70cm; batang halus dengan daun pada setiap ruas; daun berwarna hijau muda, bentuk oval. 3-4cm panjang, berambut halus di permukaan bagian bawah; bunganya berwarna putih, kurang menarik, tersusun dalam tandan, bila dibiarkan berbunga, maka pertumbuhan daun lebih sedikit dan cenderung cepat menua dan mati.
Kemangi meiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita, namun sayangnya tak banyak yang tahu manfaat tanaman kemnagi ini. Disini saya akan mencoba menguraikan manfaat kemangi.

Mengobati demam
Pengobatan ini biasanya dilakuka pada balita jika mengalami masuk angina tau sedang demam. Caranya : Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lali dioleskan ke perut, dada, dan punggung, Akan  mengatasi perut kembung/masuk angin dan deman pada anak balita. 

Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi pada pasien stroke.
Kandungan isoflavon pada kemangi dan  juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

Mengatasi kemandulan
Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi prematur. Apigenin fenkhona dan eugenol-nya dapat memudahkan terjadinya ereksi. Sementara zat arginin yang terkandung dalam kemangi bisa memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan.

Menyehatkan kulit wajah
Manfaat daun kemangi bisa dijadikan Masker Alami sebagai alternatif. Karena di dalam daun kemangi banyak sekali zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Disamping mengandung banyak mineral yang baik untuk keseimbangan tubuh, kemangi juga mengandung zat yang berkhasiat sebagai antibiotik alami, yang mencegah infeksi dan peradangan. Di dunia kecantikan ini, kemangi dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit dan wajah, salah satunya dipergunakan untuk masker.

Melancarkan aliran darah
khasiat daun kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Ini dilihat dari daun kemangi yang memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga aliran darah untuk tetap lancar.

Meningkatkan antibody
khasiat daun kemangi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ini karena daun kemangi memiliki kandungan beta karoten yang dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga dapat membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut dapat membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

Melihat begitu besar manfaatnya tumbuhan kemangi tak sekedar tanaman yang dimanfaatkan sebagaii lalapan dan penghilang bau mulut. Mudah-mudahan bermanfaat.