SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 5 June 2013

KIAT SUKSES LOLOS SBMPTN




Seleksi masuk perguruan tinggi negeri merupakan hal sangat mendebarkan dan cukup menyita pemikiran. Pasalnya masuk perguruan tinggi negeri merupaka impian sebagian besar calon mahasiswa. Kini bagi siswa yang tak lolos dalam SNMPTN harus berjuang melalui ujiantulis SBMPTN yang akan digelar pada bulan juni ini.

Berbagai usaha dilakukan oleh para calon mahasiswa mulai dari les privat, les di bimbel maupun mengikuti tryout di berbagai tempat. Tes SBMPTN membutuhkan perjuangan yang lebih karena harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa yang lain. Berikut beberapa tips  untuk sukses menempuh SBMPTN:

Perdalam Materi
Materi SBMPTN pada dasarnya hampir sama dengan materi disekolah hanya saja materinya lebih bersifat umum. Untuk memperdalam materi ini bisa dilakukan dengan membaca buku-buku materi SBMPTN yang terjual ditoko.

Perbanyak latihan Soal
Semakin banyak latihan soal maka akan lebih mengasah kemampuan dalam menjawab soal. Latihan soal yang digunakan untuk latihan sebaiknya soal tahun-tahun sebelumnya. Karena pada dasarnya tipe soal SBMPTN hampir sama dengan ujian tahun-tahun sebelumnya.

Fokuskan pada Materi
Untuk menguasai semua materi UN memang bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan  perjuangan yang luar biasa. Tetapi bisa disiasati dengan fokus pada materi yang benar-benar dikuasai. Materi yng dikuasai inilah yang dijadikan andalan untuk memenuhi grade yang ditetapkan. Jika belum memiliki materi andalan maka paksa diri untuk menguasainya. Cari materi yang menyenangkan agar tidak merasa terpaksa.

Atur Strategi
Kebanyakan balon mahasiswa yang tak bisa lolos karena tak memahami strategi yang harus dilakukan dalam menjawab soal. Sistem penilaian dalam SBMPTN  berbeda dengan UN. Dalam SBMPTN sistem penilaiannya jika benar skornya 4 jika salah dikurangi 1 dan tidak dijawab maka skornya 0. Jika melihat ketentuan tersebut dalam menjawab soal harus hati-hati. Jika tidak yakin lebih baik tidak dijawab  agar tidak megalami pengurangan.

Survei Tempat Ujian
Tempat ujian dalama SBMPTN biasanya tidak hanya berlokasi pada satu tempat saja karena terbatasnya temapat yang tersedia di kampus. Sebelum menjalani ujian usahakan mengetahui terlebih dahulu tempat ujiannya hal ini akan memberikan gambaran lokasi tempat duduk di dalam ruangan sehingga sebara psikologi akan lebih siap.

Gunakan Alat Tulis Standar
Alat tulis merupakan hal yang vital karena korektor soalnya menggunakan komputer. Jika pensil yang digunakan tidak bisa di deteksi komputer maka proses pengoreksian LJK anda akan terganggu. Dan saat menjawab soal jangan sampai merusak LJK yang tersedia agar dalam proses pemindahan jawaban anda dapat lolos dengan baik.

Perbanyak Doa
Setelah semua usaha telah dilakukan secara maksimal maka kewajiban kita adalah memohon  pada Tuhan agar usaha yang dilakukan tidak sia-sia. Setiap manusia boleh berkehendak tapi eksekutor hasil tetaplah Tuhan.
Sedikit coretan ini, mudah-mudahan bermanfaat. Sukses selalu……!