SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 17 July 2013

MINDSET SALAH TENTANG KESUKSESAN



Setiap orang menginginkan kesuksesan. Namun, ketika ditanya sebenarnya sukses itu apa? Mereka meiliki jawaban yang berbeda-beda menurut versi masing masing-masing. Banyak sudut pandang megenai kesuksesan, hampir setiap orang memiliki sudut padang yang berbeda mengenai kesuksesan. Sebenarnya terdapat beberapa kesalahan dalam mendiskripsikan sebuah kesuksesan, kesalahan itu diantaranya adalah:

Latar belakang kehidupan sebagai tolok ukurnya
Yang berkembang di masyarakat kita adalah mendewakan predikat dalam masyarakat. Misalnya orang dikatakan berhasil dan sukses ketika dia bisa kaya,bisa menempuh pendidikan tinggi bisa menjabat pada struktur pemerintahan dan jabatan lainnya.

Sukses itu selalu benar
Orang sukses sebenarnya tidak pernah berbuat kesalahan. Padahal sebenarnya untuk sukses melalui berbagai jalan. Jika disatu jalan gagal bisa mencoba jalan lain yang bisa menghantarkan keberhasilan. Seperti Thomas Alfa Edisson yang pernah gagal 999 kali hingga berhasil pada tahap ke 1000.

Sukses karena lamanya berkarya
Untuk sukses sebenarnya tidaklah terpancang waktu. Yang  sering muncul dalam benak kita adalah orang yang lebih dulu yang bisa sukses. Padahal semua itu tergantung seberapa besar usaha kita untuk bisa menggapainya.

Sukses karena keberuntungan
Ada peribahasa jawa “ wong pinter kalah karo wong bejo” yang artinya orang pandai kalah dengan orang yang beruntung. Padahal itu tak selalu benar, karena keberuntungan tanpa usaha juga tak akan berarti apa-apa.

Sukses bila diakui
Yang sering muncul dalam benak kita setelah mencapai sesuatu adalah pengakuan atas pencapaian itu. Bahkan tak sedikit orang takabur karena ingin pengakuan ini, karena berusaha menunjukkan keberhasilannya. Sebenarnya kesuksesan bukanlah karena pengakuan orang lain melainkan karena kebermanfaatan untuk orang lain.

Mudah-mudahan bermanfaat dan tak sekedar jadi orang sukses biasa.