SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Saturday 27 July 2013

TIPS AMAN DAN NYAMAN MUDIK SAAT LEBARAN





Tradisi mudik seolah telah menjadikan tradisi rutin dan wajib bagi masyarakat Indonesia. Setiap mendekati lebaran mudik ini dilakukan untuk merayakan lebaran bersama keluarga besar . Untuk tradisi inilah berbagai cara dilakukan agar dapat mudik kekampung halaman walupun harus bertaruh nyawa.

Kian hari fenomena ini semakin bervariasi sarananya mulai dari kendaraan pribadi, moda angkutan umum bahkan ada yang nekat menggunakan sepeda motor. Rela berpanas-panasan dan berhujan-hujanan hanya demi menghemat biaya transportasi yang cukup mahal saat lebaran.

Dalam menjalani mudik inilah biasanya terjadi berbagai masalah dan ketidaknyamanan selama perjalanan. Berikut beberapa tips agar nayaman dan aman selama mudik lebaran.

Gunakan moda transportasi yang aman.
Keadaaan ekonomi yang pas-pasan kadang mendorong pemudik untuk menggunakan kendaraan roda dua. Padahal dari segi keamanan kendaraan ini sangat mengkhawatirkan, jika memiliki dana lebih hindari koda ini agar keamanandan kenyamanan lebih terjamin.

Minimalisir barang bawaan
Saat mudik ini biasanya kesempatan untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara sehingga membawa persiapan oleh-oleh yang banyak sehingga repot selama perjalanan. Jika memang bermaksud membeli oleh-oleh belilah didekat tujuan agar tidak direpotkan barang bawaan selama perjalanan. Jika membawa pakaian sebaiknya bawalah yang pakaian secukupnya unyuk keperluan ditempat tujuan.

Perhatikan kemasan barang bawaaan
Selama perjalanan meungkinkan barang bawaan kita mengalami kerusakan. Apalagi jika menggunakan angkutan umum, usahakan dikemas dan ditata untuk tidak mudah rusak dan tidak tembus air agar barang bawaannya tidak rusak. Jika menggunakan moda angkutan umum jangan lupa beri identitas berupa nama, alamat,tujuan jika perlu beri nomor yang bisa dihubungi agar barang bawaanya agar tidak tertukar dengan penumpang lain. Jika terjadi tertukar atau tertinggal bisa dengan mudah dilacak keberadannya.

Bawa uang seperlunya
Saat ini ATM sudah tersebar luas diseluruh pelosok Indonesia, hal ini memudahka anda untuk tarik tunai di ATM yang tersedia. Saat mudik bawalah uang seperlunya saja untuk keperluan selama perjalanan dengan demikian akan lebih aman dan tidak terlalu beresiko.

Simpan perhiasan dan Gadget
Saat mudik usahakan untuk meminimalisir penggunaan perhiasan berlebihan dan gadget bermerk. Karena hal ini akan mengundang orang-orang yang berniat jahat. Jika memang ingin menggunakan saat dikampung halaman jangan terlalu mencolok yang dapat menimbulkan niat jahat.

Pastikan kendaraan aman
Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya dicek terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mudik. Jika ada kerusakan segera diperbaiki agar selama perjalanan tidak mengalami kendala dan dapat sampai ketempat tujuan dengan aman dan selamat.

Waspadai jalur kemacetan
Saat menjelang lebaran kemacetan sudah menjadi  kendala yang selalu mengintai karena biasanya mudik dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Cari informasi mengenai titik kemacetan kondisi jalan jalur alternative yang aman dan nyaman. Karena jalur alternative ini bisa mengindari pada titik kemacetan pada jalur utama.
Sedikit coretan ini, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat mudik ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.