SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 18 July 2013

TIPS MENJAGA KEAMANAN RUMAH SAAT BEPERGIAN




Saat ini tingkat kejahatan sudah cukup meresahkan, kualitasnya semakin meningkat dan semakin nekat dalam menjalankan aksinya. Saat kita bepergian dalam waktu yang lama kadang memiliki rasa was-was dengan keamanan rumah kita.

Kejahatan yang sering terjadi saat ini dilakukan pada rumah kosong yang ditinggal pemiliknya, terutama rumah-rumah dengan standar keamanan yang masih minim. Para pelaku biasanya mempelajari terlebih dahulu kondisi dan kebiasaan para pemilik rumah. Nah, saat diarasa aman dan pemilik rumah sudah pergi barulah mereka menjalankan aksinya.

Untuk mengatasi kejahatan ini ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pencurian saat bepergian diantaranya,

Nyalakan lampu rumah
Lampu merupakan salah satu indikator bahwa rumah tersebut memiliki penghuni, sehingga para pelaku kejahatan berfikir ulang untuk menjalankan aksinya. Jika lampu dalam keadaan mati maka para pelaku kejahatan sudah dengan mudah menyimpulkan bahwa ruma tersebut kodong dan dengan mudah melakukan aksinya.

Pasang sandal didepan rumah
Sandal juga nerupakan barang yang sering digunakan oleh pemilik rumah. Jika pelaku kejahatan melihat sandal yang ada di depan rumah maka dia akan berfikir jika masih ada penunggu di dalamnya.

Nyalakan radio
Radio merupakan barang elektronik yang bisa digunakan dalam waktu lama dan dam hemat listrik. Jadi selama anda bepergian radio tersebiu akan terus nyala seperti ada pendengarnya sehingga para pelaku kejahatan akan mengira ada orang di dalamnya.

Pasang cucian di luar rumah
Cucian juga merupakan salah satu indicator jika rumah tersebut berpenghuni, kita bisa memanfaatkan pakaian bekas untuk digunakan karena ini sifatnya hanya untuk mengecoh para pelaku kejahatan saat akan beraksi.

Rahasiakan kepergian
Saat kita mau bepergian biasanya kita cerita panjang lebar pada tetangga,. Namun, sebenarnya ini berbahaya karena jika ada orang lain yang mendengar dan berniat buruk maka rumah kita bisa dijadikan sasaran untuk melakukan kejahatan. Jika memang haru bercerita pada tetangga carilah tetangga yang benar-benar bisa dipercaya untuk bisa membantu mengawasi rumah kita saat bepergian.

Setelah semua dikakukan tugas kita hanyalah berdoa mudah-mudahan rumah kita diberikan keamanan selama bepergian.