SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 15 August 2013

CARA MEMOTIVASI BELAJAR ANAK





Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam belajar. Ada anak yang dengan sendirinya sudah mau belajar tanpa panduan dan arahan dari orangtua maupun guru lesnya. Namun, adapula anak yang susah sekali untuk belajar sehingga nilainya disekolah jeblok.

Untuk menimbulkan semangat dan motivasi belajar kita harus kreatif agar dalam proses belajar si anak bisa nyaman dan pelajaran yang diserap bisa masuk dengan tanpa paksaan. Dalam memotivasi belajar anak ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya:

Pelajari pola belajar anak
Setiap anak memiliki kemampuan dan cara belajar yang berbeda-beda, tugas orangtua adalah mengenali pola belajar si anak. Pola belajar yang dimaksud disini adalah bagaimana cara belajar yang disukai si anak. Dengan mengetahui pola belajar si anak maka akan menentukan metode belajar yang tepat untuk si anak.

Cipatakan suasana nyaman
Untuk menarik anak agar termotivasi untuk belajar, orangtua harus pandai-pandai menciptakan suasana belajar yang di senangi si anak. Misal, jika si anak menyukai music maka taka da salahnya jika saat belajar orangtua memutarkan lagu-lagu yang disukai si anak. Tetapi jangan sampai mengganggu konsentrasi belajar si anak.
                                            
Pilih waktu yang tepat
Waktu belajar merupakan hal yang penting, orangtua hendaknya bisa mengetahui kapan waktu yang kondisif untuk belajar. Jika waktu belajar yang biasanya dinilai tidak kondusif bagi si anak, maka orangtua jangan bosan-bosan untuk mengubah waktunya. Jika orangtua sulit untuk menentukannya maka jangan segan-segan untuk berdialog dengan si anak, untuk mengetahui kapan waktu yang nyaman untuk belajar.

Berikan tuntunan dan arahan
Saat anak belajar alngkah baiknya jika orangtua juga turut menemani agar si anak juga merasa diperhatikan oleh orangtuanya. Saat belajarnya ditemani orangtua maka jika anak ada yang tidak pas saat belajar maka orangtua dapat memberikan arahan.Saat memberikan arahan ini usahakan dengan bahasa yang mudah difahami si anak, jangan sampai menyakiti hatinya.

Berikan stimulus
Stimulus merupakan hal yang penting dalam merangsang motivasi si anak. Stimulus ini bisa dilakukan dengan memberikan hadiah atau memberikan sesuatu jika targetnya tercapai. Misal jika belajar tekun dan nilainya disekolah bagus maka akan dibelikan gadget baru atau yang diinginkan si anak. Berikan pengertian kepada si anak agar saat belum berhasil dia tidak patah semangat dan  mau berusaha kembali.

Berikan pujian
Sebuah pujian sering disepelekan oleh kebanyakan orangtua, padahal sebuah pujian sangat penting bagi si anak. Dengan memberikan pujian maka si anak akan merasa dihargai usahnya dan selanjutnya akan berusaha lebih giat lagi.

Anak adalah potensi yang harus dikelola dengan baik, jika sejak dini dapat dioptimalkan potensinya maka kedepan akan dapat memudahkan dalam menggapai cita-citanya. Mudah-mudahan bermafaat dan selamat mencoba.