SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 15 August 2013

MENGATASI ANCAMAN GOOGLE PENGUIN 2.0





Akhi-akhir ini para blogger dipusingkan dengan dengan adanya google penguin 2.0. Namun, tak banyak blogger yang menyadari adanya ancaman ini. Sebenarnya apasih Google Penguin?  Google Penguin merupakan  algoritma mesin pencari google yang mengacu pada peningkatan kinerja SERP (Search Engine Result Page) dengan menurunkan atau menaikkan situs dan membersihkan situs dan blog yang dianggap sebagai spam web yang melanggar aturan google.

Apa dampaknya?
Dengan adanya goole penguin ini dampaknya cukup seginifikan jika para blogger jeli untuk mengamati history blognya. Dampak tersebut antara lain:
Penurunan pengunjung secara drastis
Dampak yang paling menonjol  menurut beberapa ahli SEO terlihat ada penurunan yang signifikan dalam kunjungan di situs atau blog, sehingga statistik pengunjung yang ada di blog atau pengembangan situs hampir tidak ada atau menurun drastis. Untuk mengeceknya  Anda dapat menggunakan google webmaster tools, google analytics, serta pembacaan statistik yang ada pada blogger default.
Ditinggalkan mesin pencari google
Jika web atau blog kita sudah terkena google penguin 2.0 ini mesin pencari akan malas untuk mebaca situs kita. Sehingga mengakibatkan sepinya pengunjung. Hal ini karena seiring perkembangan jaman semakin ketat persaingan teknologi serch engine sehingga google selalu berusah memperbaiki teknologinya.

Bagaimana mengatasinya?
Untuk saat ini para blogger masih dipusingkan untuk mengatasi adanya ancaman ini. Namun, sebenanrnya ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi serangan google penguin ini diantaranya adalah:
Tulis artikel asli
Dalam dunia blogger copast sering terjadi walupun sebenarnya ini juga kurang etis. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah membuat artikrl asli . Hindari copast agar tulisan kita tidak terindex sama dengan tulisan orang lain. Jika tulisan kita terindex sama dengan tulisan sebelumnya maka sudah dapat dipastikan kita akan terlempar dari search engine google.
Hindari memberikan link hidup
Memberikan link dapat menimbulkan blog kita menjadi  lemah, sehingga google akan membatasi akses blog kita. Jika akses dalam search engine blog kita sudah dinilai lemah maka dengan sendirinya akan terlempar dari search engine.
Hindari duplikat content
Dalam duplikasi content ini biasanya terjadi saat mengambil HTML dari blog lain. Jika blog kita terdeteksi ada duplikasi content maka juga akan langsung masuk perangkap google penguin.

Demikian coretan ini,Mudah-mudahan dapat mengatasi serangan google penguin 2.0 dan dapat bermanfaat.