Pages - Menu

Friday, 16 March 2012

PENGANTAR DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN


Pendidikan adalah kata yang sering sekali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Tapi  kadang kita kurang memahami apa yang disebut pendidikan,apa landasan pendidkan itu dan lain sebagianya. Tulisan ini akan mencoba menguraikan pendidikan di tinjau dari pendapat para ahli,teori tentang pendidikan,dan lembaga-lembaga pendidikan
Apakah pendidkan itu?
Beberapa ahli telah mengungkapkan mengenai pengertian pendidikan diantaranya :
a.       Menurut Carter V. God dalam “Dictionary of Education “
1)      Pendidikan merupakan seni, praktek, atau profesi sebagai pengajar
2)      Merupakan ilmu yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip-prinsip dan metode metode mengajar,bpengawasan dan bimbingan murid. Dalam arti luas digantikan dengan istilah pendidikan
3)      Merupakan seni untuk membuat dan memahami ilmu pengetahuan yang tersusun yang diwarisi atau dikembangkan masa lampau oleh generasi bangsa

b.      Menurut buku “ Higher Education for American democracy”
Pendidikan adalah suatu lembaga dalam tiap-tiap masyarakata yang beradab, tetapi tujuan tujuan pendidikn tidaklah sma dalammsetiap masyrakat. Sistem pendidikan suatu masyarakat tertentu dan tujuan pendidikan didasarkan atas prinsip-prinsip cita-cita dan filsafat yang berlaku dalam suatu masyarakat

c.       Menurut professor Rechey dalam buku  “Planing for teaching an Introduction to education ‘
Istilah “Pendidikan” bekenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan an perbaikan kehidupa suatu masyarakat yang baru (generasi muda) bagi penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya kepada masyarakat. Jdi pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas dari proses yang berlangsung disekolahn saja. Pendidikan adalah suatu akyivitas social yang esensial yang memungkinkan masyarakat yang kompleks  

d.      Menurut Prof Lodge dalam buku “Philosophy of Education “
Pendidikan dalam arti luas semua pengalaman dapt dapt dikatakan sebagai pendidikan
Dalam pengertian yang lebih sempit “Pendidikan” dibatasi pada fungsi tertentu didalam masyarakat yang terdiri atas penyerahan adat istiadat dengan latar belakang sosialnya, pandangan hidup masyarakatnya kepada warga masyarakat gnerasi berikutnya dan demikian setrusnya.

e.      Menurut Brubacher
Pendidikan diartikan sebagai proses timbal balik dari tiap pribadi manusia dalam penyesuaian dirinya dengan alam, dengan teman,dan dengan alam semesta.

Dari semua pendapat para ahi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa :
1) Pendidikan merupakan usaha manusia dalam meningkatkan kepribadianya dengan mengembangkan potensi yang dimilikinya baik secara rohani maupun jasmani
2) Pendidikan berarti juga lembaga yang bertanggung jawab terhadap tercspsinys tujusn pendidikan
3)      Pendidikan merupakan hasil yang dicapai oleh perkembangan manusia