Berdasarkan perbedaan kompetensi lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non-Kependidikan tersebut dilakukan kajian kurikulum yang hasilnya dapat dilihat pada Tabel 2 berikut.
Tabel 2: Kerangka Kurikulum Untuk Lulusan S-1 kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan Program Pendidikan Profesi Guru
No. | Kompetensi | Lulusan S-1 Kependidikan | Lulusan D-IV/S-1 Non Kependidikan |
1 | Akademik | Pengemasan materi bidang studi untuk pembelajaran bidang studi yang mendidik (subject specific pedagogy) | Kajian tentang teori pendidikan dan pembelajaran Kajian tentang peserta didik, Pengemasan materi bidang studi untuk pembelajaran bidang studi yang mendidik (subject specific pedagogy) Pembentukan kompetensi kepribadian pendidik |
2 | Profesional | PPL Kependidikan | PPL Kependidikan |
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa struktur kurikulum Pendidikan Profesi Guru pasca S1 kependidikan meliputi:
1. Pemantapan dan pengemasan materi bidang studi untuk pembelajaran bidang studi yang mendidik (subject specific pedagogy atau pendidikan bidang studi)
2. PPL kependidikan.
Struktur Kurikulum Pendidikan Profesi Guru pasca S1/D-IV non kependidikan meliputi:
1. Kajian tentang teori pendidikan dan pembelajaran
2. Kajian tentang peserta didik,
3. Pengemasan materi bidang studi untuk pembelajaran bidang studi yang mendidik (subject specific pedagogy atau pendidikan bidang studi)
4. Pembentukan kompetensi kepribadian pendidik
5. Matakuliah Kependidikan dan PPL kependidikan.