Pages - Menu

Monday, 16 April 2012

CIRI SISWA BERMOTIVASI


Menurut Sardiman A. M (1996: 75) dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan kegiatan belajar tersebut dan juga memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki siswa dalam belajar tercapai.
Menurut Sardiman (1996: 85) fungsi motivasi bagi siswa antara lain:
1.      mendorong siswa untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi,
2.      menentukan arah, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai,
3.      menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.
Utami Munandar (1992: 34-35) menyatakan ciri siswa yang bermotivasi, antara lain:
1.      tekun menghadapi tugas,
2.      ulet menghadapi tugas,
3.      tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi,
4.      ingin mendalami bahan/bidang pengetahuan yang diberikan,
5.      selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin,
6.      menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah,
7.      senang dan rajin belajar, penuh semangat, cepat bosan dengan tugas-tugas rutin (hal-hal yang bersifat mekanis, berulang-ulang begitu saja, sehingga kurang kreatif),
8.      dapat mempertahankan pendapat-pendapatnya,
9.      mengejar tujuan-tujuan jangka panjang,
10.  senang mencari dan memecahkan soal-soal.