Jenjang HOTS
|
Kemampuan
|
Kata Kerja
|
Analisis
|
Mengelompokkan dalam
bagian-bagian penting dari sebuah sumber informasi/benda yang diamati/
fenomena sosial-alam-budaya
|
mediferensiasi
kelompok informasi memilih informasi berdasarkan kelompok menentukan
fokus penting suatu informasi
|
Menentukan keterkaitan antar
komponen
|
mengorganisasi
keterkaitan antar kelompok /menyusun
menemukan
koherensi antar kelompok membuat struktur (baru) untuk kelompok informasi
|
|
Menemukan pikiran pokok/ bias/nilai penulis atau pemberi
informasi
|
memberi
label untuk kelompok yang dikembangkan
menemukan
bias penulis/pemberi informasi
|
|
Evaluasi
|
Menentukan kesesuaian antara
masalah, uraian dan kesimpulan/ proporsi suatu bentuk/proporsi
suatu penyajian kegiatan
|
mencek
kesinambungan mendeteksi
unsur yang sama memonitoring kegiatan mentes/menguji
|
Menentukan kesesuaian metoda/ prosedur/teknik/rumus/prinsip
dengan masalah
|
mengeritik
kelebihan dan kelemahan informasi atau bagiannya memberikan penilaian
berdasarkan kriteria
|
|
Mencipta
|
Mengembangkan hipotesis
|
mengembangkan
|
Merencanakan penelitian/proyek/ kegiatan/ciptaan
|
merencanakan
mendesain
|
|
mengembangkan produk baru
|
menghasilkan
mekonstruksi
merekonstruks
|
Pages - Menu
▼
Saturday, 5 November 2016
KEMAMPUAN BERFIKIR HOTS KURIKULUM 2013
Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kemampuan kognitif (berpikir) tingkat tinggi yang dalam taksonomi tujuan pendidikan ranah kognitif terdiri atas kemampuan analisis, evaluasi, dan mencipta. Setiap jenjang HOTS memiliki kemampuan yang berbeda sebagaimana yang tercantum dalam tabel berikut: