Pages - Menu

Sunday, 21 April 2013

DOKUMENTASI TLC 2013 KAB. WONOGIRI

Bagi temen-temen yang tak dapat datang langsung ke SMAN 1 Purwantoro untuk menyaksikan secara langsung kegiantannya . Ini saya tampilkan beberapa foto terkait kegiatan TLC yang sedang berlangsung.
Peserta mulai datang pukul 07.00

 Upacara Pembukaan

 Barisan ubaloka

 Adat cakra giri baskara

 Para Undangan

 Pertunjukan reog


 Atraksi reog SDN 1 Miricinde

 PBB putra SMAN 1 Purwantoro

  PBB putra SMAN 1 Purwantoro

Tepuk komando oleh alumni dan peserta

Acara belum selesai foto akan selalu upadate

Saturday, 20 April 2013

TRAGIS, SHOLAT DILECEHKAN SISWI SMA





Kabar pelecehan sholat oleh beberapa siswi di dunia maya kian santer dibicarakan. Pasalnya kegiatan ini dilakukan oleh siswi-siswi sekolah negeri di Toli-Toli, hal ini terlihat dari kaos yang dikenakan berwarna kuning yang bertuliskan salah satu sekolah di Toli-Toli.

Sungguh hal ini sangat memprihatinkan, disatu sisi pemerintah mengumandangkan pendidikan karakter yang begitu santer didengungkan, tapi disisi lain para peserta didiknya justru melecehkan agama dengan tindakan yang cukup memalukan.

Video yang berdurasi sekitar 5:34 menit ini memperagakan sholat yang diawali takbir kemudian diteruskan dengan berjoged ala dugem kemudian dilanjutkan dengan melafalkan alfatihah dengan nada yang sangat buruk seakan melecehkan surat alfatihah. Selanjutnya bervariasi antara bacaan sholat dan lagu kemudian diakhiri dengan goyang pinggul.


Sungguh ini tidak dapat dianggap sepele, pasalnya kegiatan ini sudah mengarah pada kegiatan penistaan agama. Yang lebih parahnya salah satu pelaku adegan tersebut adalah siswi yang berjilbab, video ini di rekam dengan sadar dan kemudian diunggah di dunia maya.

Gunjingan serta hujatan muncul dalam komentar yang muncul di youtube, hal ini menandakan kegiatan ini tak pantas dilakukan. Para pihak terkait hendaknya segera menindaklanjuti kejadian ini agar kelak tak merambah ke remaja yang lain.

Sebenarnya kejadian ini juga dapat dijadikan pelajaran bagi para remaja, orangtua dan dunia n pendidikan utamanya sekolah.

Bagi remaja
Selalu perkuat diri dengan keimanan dan ketakwaan pada Alloh, agama bukanlah bahan mainan yang bisa dolecehkan seenaknya saja, apalagi sholat adalah ibadah wajib umat islam yang seharusnya dihormati dan dihargai.

Bagi orangtua
Dengan kejadian tersebut peran orangtua sangatlah penting karena penanaman agama yang pertama dan berperan adalah keluarga. Dikeluargalah anak dibentuk, dikeluarga pulalah kepribadian anak juga terbentuk. Dampingi dan arahkan anak mengenai pemahaman agama sehingga kelak menjadi orang yang cerdas dan religius

Bagi sekolah
Sekolah merupakan jenjanag pendidikan formal yang dijadikan tonggak penanaman nilai dan norma. Sekolah hendaknya bisa memberikan bekal karakter dan agama yang benar. Sehingga saat dimasyarakat karakter tersebut telah tertanam dengan kokoh. Tak akan berarti pemerintah mencanangkan pendidikan karakter jika tak diimbangi upaya dari sekolah untuk melaksanakan program tersebut.

Mudah-mudahan kejadian semacam ini tak kan terulang kembali, dan remaja Indonesia menjadi remaja yang cerdas dan religius.Amiin.

Saturday, 13 April 2013

BATUAN METAMORF, APA MINERAL PENYUSUNNYA?



1. Amphibole/Hornblende
Amphibole adalah kelompok mineral silikat yang berbentuk prismatik atau kristal yang menyerupai jarum. Mineral amphibole umumnya mengandung besi (Fe), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), dan Alumunium (Al), Silika (Si), dan Oksigen (O). Hornblende tampak pada foto yang berwarna hijau tua kehitaman. Mineral ini banyak dijumpai pada berbagai jenis batuan beku dan batuan metamorf.

2. Biotite
Semua mineral mika berbentuk pipih, bentuk kristal berlembar menyerupai buku dan merupakan bidang belahan (cleavage) dari mineral biotite. Mineral biotite umumnya berwarna gelap, hitam atau coklat sedangkan muscovite berwarna terang, abu-abu terang. Mineral mika mempunyai kekerasan yang lunak dan bisa digores dengan kuku.

3. Plagioclase feldspar

Mineral Plagioclase adalah anggota dari kelompok mineral feldspar. Mineral ini mengandung unsur Calsium atau Natrium. Kristal feldspar berbentuk prismatik, umumnya berwarna putih hingga abu-abu, kilap gelas. Plagioklas yang mengandung Natrium dikenal dengan mineral Albite, sedangkan yang mengandung Ca disebut An-orthite.

4. Potassium feldspar (Orthoclase)

Potassium feldspar adalah anggota dari mineral feldspar. Seperti halnya plagioclase feldspar, potassium feldspars adalah mineral silicate yang mengandung unsur Kalium dan bentuk kristalnya prismatik, umumnya berwarna merah daging hingga putih.

5. Mica

Mica adalah kelompok mineral silicate minerals dengan komposisi yang bervariasi, dari potassium (K), magnesium (Mg), iron (Fe), aluminum (Al) , silicon (Si) dan air (H2O).

6. Quartz
Quartz adalah satu dari mineral yang umum yang banyak dijumpai pada kerak bumi. Mineral ini tersusun dari Silika dioksida (SiO2), berwarna putih, kilap kaca dan belahan (cleavage) tidak teratur (uneven) concoidal.

7. Calcite
Mineral Calcite tersusun dari calcium carbonate (CaCO3). Umumnya berwarna putih transparan dan mudah digores dengan pisau. Kebanyakan dari binatang laut terbuat dari calcite atau mineral yang berhubungan dengan ‘lime’ dari batugamping.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBETUKAN TANAH


Berikut adalah faktor yang mempengaruhi terhadap proses pembetukan tanah, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.Bahan Induk
Variasi penyusun tanah tersebut mempengaruhi pembentukan agregat-agregat tanah serta kemantapan yang terbentuk. Kandungan liat menentukan dalam pembentukan agregat, karena liat berfungsi sebagai pengikat yang diabsorbsi pada permukaan butiran pasir dan setelah dihidrasi tingkat reversiblenya sangat lambat. Kandungan liat > 30% akan berpengaruh terhadap agregasi, sedangakan kandungan liat < 30% tidak berpengaruh terhadap agregasi.

2. Bahan organik tanah
Bahan organik tanah merupakan bahan pengikat setelah mengalami pencucian. Pencucian tersebut dipercepat dengan adanya organisme tanah. Sehingga bahan organik dan organisme di dalam tanah saling berhubungan erat.

3. Tanaman
Tanaman pada suatu wilayah dapat membantu pembentukan agregat yang mantap. Akar tanaman dapat menembus tanah dan membentuk celah-celah. Disamping itu dengan adanya tekanan akar, maka butir-butir tanah semakin melekat dan padat. Selain itu celah-celah tersebut dapat terbentuk dari air yang diserp oleh tnaman tesebut.

4. Organisme tanah
Organisme tanah dapat mempercepat terbentuknya agregat. Selain itu juga mampu berperan langsung dengan membuat lubang dan menggemburkna tanaman.Secara tidak langsung merombak sisa-sisa tanaman yang setelah dipergunakan akan dikeluarlan lagi menjadi bahan pengikat tanah.

5. Waktu
Waktu menentukan semua faktor pembentuk tanah berjalan. Semakin lama waktu berjalan, maka agregat yang terbentuk pada tanah tersebut semakin mantap.

6. Iklim
Iklim berpengaruh terhadap proses pengeringan, pembasahan, pembekuan, pencairan. Iklim merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan agregat tanah.

UKURAN PARTIKEL TANAH


Partikel bentuk bola dengan berat 1 gr dengan bulk density 2,65 g/cm3 dipecah menjadi 106 partikel yang lebih kecil berbentuk bola dengan berat masing-masing partikel 10-6 g.
Maka :
Luas permukaan untuk partikel dengan berat 1 gr adalah sbb :
Volume = (1 g)/(2,65 g/cm3) = 0,377 cm3Volume bola = 4/3 p r3 sehingga r3 = (0,377 x 3)/4p = 0,0901
Radius = r = 0,448 cm = 4,48 x 10-3 m
Luas permukaan (Surface area/SA) = 4pr2 = 2,52 x 10-4 m2
Setelah dipecah menjadi partikel yang lebih kecil :
Volume = (10-6)/(2,65 g/cm3) = 3,77 x 10-7 cm3
r3 = 3,77 x 10-7 cm3 x 3 = 9,01 x 10-8 cm
4p
r = 4,48 x 10-5 m
SA dari masing-masing partikel kecil = 4pr2
= 4 x p x (4,48 x 10-5 m)2 = 2,52 x 10-8 m2/partikel
Kolektif SA = 2,52 x 10-8 m2/partikel x 106 = 2,52 x 10-2 m2
  • Klasifikasi Ukuran Partikel
Sumber

Soil  separates

  Kerikil Pasir debu liat
USDA > 2mm 2 mm–50 mm 50 mm-2 mm < 2mm
ISSS > 2mm 2 mm-20 mm 20 mm-2 mm < 2mm
USPRA > 2mm 2 mm-50 mm 50 mm-5 mm < 5mm
BSI, MIT, DIN > 2mm 2 mm-60 mm 60 mm-2 mm < 2mm

PENGERTIAN TANAH MENURUT AHLI


Banyak ahli yang mendefinisikan tanah, definisi ini berdasarka hasil temuan pada penelitian yang telah dilakukan. Berikut adalah ringkasan berbagai pendapat mengenai definisi tanah menurut para ahli,

J.J. Berzelius (Swedia, 1803). Tanah adalah sebagai laboratorium kimia tempat proses dekomposisi dan reaksi kimia yang berlangsung secara tersembunyi.

Justus Von Liebig (Jerman, 1840), mengajukan teori keseimbangan hara tanaman (theory balanchesheet of plan naturation), yang menganggap tanah sebagai tabung reaksi dimana dapat diketahui jumlah dan jenis hara tanamannya.

Friedrich Fallou (1855). Tanah dianggap sebagai hasil pelapukan oleh waktu yang menggerogoti batuan keras dan lambat laun mengadakan dekomposisi.

Dokuchaiev (Rusia, 1877), pengertian tanah harus dihubungkan dengan iklim dan dapat digambarkan sebagai zone-zone geografi yang luas, yang dalam skala peta dunia tidak hanya dihubungkan dengan iklim, tetapi juga dengan lingkungan tumbuhan.

A.S. Thaer (1909), permukaan planet terdiri atas bahan remah dan lepas yang disebut tanah, yang merupakan akumulasi dan campuran berbagai bahan, seperti unsur-unsur: Si, Al, Ca, Mg, Fe dll.

Humphry Davy (Inggris, 1913). Tanah adalah sebagai laboratorium alam yang menyediakan unsur hara bagi tanaman.

C.F. Marbut (rusia, 1914). Tanah merupakan lapisan paling luar kulit bumi yang biasanya bersifat tak padu dan mempunyai sifat tebal mulai dari selaput tipis sampai lebih dari 3 meter, yang berbeda dari bahan di bawahnya dalam hal: warna, sifat fisik, sifat kimia, dan sifat biologinya.

Ramman (Jerman, 1917). Tanah sebagai bahan batuan yang sudah dirombak menjadi partikel-partikel kecil yang telah berubah secara kimiawi bersama-sama dengan sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang hidup di dalam dan di atasnya.

Werner (1918). Tanah adalah hitam tipis yang menutupi bahan padat kering, terdiri atas partikel-partikel kecil yang remah dan sisa-sisa vegetasi dan hewan. Tanah adalah medium bagi tanaman.

Alfred Mistscherlich (1920). Tanah adalah campuran bahan padat berupa partikel-partikel kecil air dan udara yang mengandung hara dan dapat menumbuhkan tumbuh-tumbuhan.

Jacob S. Joffe (1949). Tanah merupakan benda alam yang tersusun atas horison-horison yang terdiri dari bahan-bahan kimia mineral dan bahan organik, biasanya tidak padu dan mempunyai tebal yang dapat dibedakan dalam hal morfologi fisik, kimia dan biologinya.

Thornbury (1957). Tanah adalah bagian dari permukaan bumi yang ditandai oleh lapisan yang sejajar dengan permukaan sebagai hasil modifikasi oleh proses-proses fisis, khemis maupun biologis yang bekerja di bawah kondisi yang bermacam-macam dan bekerja selama periode tertentu.

E. Saifudin Sarief (1986). Tanah adalah benda alami yang terdapat di permukaan bumi yang tersusun dari bahan-bahan mineral sebagai hasil pelapukan batuan dan bahan organik (pelapukan sisa tumbuhan dan hewan), yang merupakan medium pertumbuhan tanaman dengan sifat-sifat tertentu yang terjadi akibat gabungan dari faktor-faktor alami, iklim, bahan induk, jasad hidup, bentuk wilayah dan lamanya waktu pembentukan.

M. Isa Darmawijaya. Tanah merupakan akumulasi alam bebas yang menduduki sebagian planet bumi yang mampu menumbuhkan tumbuhan dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induknya dalam keadaan relief tertentu selama jangka waktu tertentu.
James (1995). Tanah adalah salah satu sistem bumi, yang bersama dengan sistem bumi lainnya, yaitu air alami dan atmosfer, menjadi inti fungsi, perubahan, dan kemantapan ekosistem.

BEASISWA S2 ILMU LINGKUNGAN UNPAD 2013


BEASISWA UNGGULAN BPKLN KEMENDIKNAS UNTUK PROGRAM MAGISTER ILMU LINGKUNGAN KONSENTRASI ‘MANAJEMEN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN’
Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Unpad menawarkan beasiswa bagi lulusan S1 dari berbagai bidang disiplin ilmu dengan IPK minimal 3,4 dan TOEFL ITP minimal 500 untuk mengikuti pendidikan jenjang S2 Ilmu Lingkungan konsentrasi ‘Manajemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan’. Beasiswa hanya disediakan untuk biaya pendidikan, tidak termasuk untuk biaya hidup selama studi.
Persyaratan :
  1. Fotocopy ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir (2 lembar)
  2. Sertifikat Toefl (ITP) dengan nilai minimal 500
  3. Mengisi Form Beasiswa Unggulan dan surat pernyataan yang dapat di download di www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Surat Rekomendasi
  6. Motivation letter dalam bahasa inggris
  7. 4 lembar pas foto ukuran 4 x 6
  8. Proposal Penelitian
Bagi calon yang berminat dapat mendaftarkan diri ke :
PSMIL PPs Unpad
Jl. Sekeloa Selatan No. 1 Bandung 40132, telpon/fax 022 – 2508871 / 022 2517503
CP : Rina 085624004520
email psmil@unpad.ac.id

BEASISWA LULUSAN SMA 2012-2013



Program Beasiswa S1 FULL Pendidikan Agama Islam (PAI) Berasrama
Sekolah tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor, Kembali Membuka Program Beasiswa Unggulan Untuk Siswa Berprestasi dari Seluruh Indonesia Untuk Periode 2013 – 2014.
Keunggulan
  • Metodologi yang diterapkan berasas pada metodologi ilmiah dan sumber-sumber yang murni, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah-sunnah Rasululloh Shollollohu alaihi wasallam
  • Mahasiswa mendapatkan fasilitas Asrama, KBM dan tarbiyah Islamiyah secara gratis
  • Dosen lulusan dalam dan luar negeri yang telah berpengalaman dalam dunia pendidikan
  • Aktivitas tarbawiyah yang variatif: Seminar pendidikan, Daurah & Training, Kajian Tafsir, Olah Raga, Out Bond, dll
  • Bahasa Arab menjadi bahasa sehari-hari dilingkungan kampus
  • Kegiatan ekstra kampus, seperti kegiatan jurnalistik (Radio, Rumah Produksi Seni Islami, Majalah Islami, dll)
  • Akses Internet
Fasilitas
  • Ruang kuliah yang nyaman
  • Buku-buku penunjang KBM.
  • Perpustakaan yang menyediakan buku-buku ilmiyah bermanhaj Ahlussunnah Wal Jama’ah dan buku-buku pengetahuan umum yang menunjang kesuksesan program, serta dilengkapi dengan CD-CD berisi ceramah-ceramah ilmiyah dari para da’i dalam dan luar negeri
  • Laboratorium Bahasa dan Komputer.
  • Asrama Mahasiswa dengan kapasitas 500 orang dengan fasilitas yang lengkap.
  • Masjid besar di lingkungan kampus.
  • Sport Centre, berupa lapangan indoor dan outdoor.
  • Lingkungan kampus yang representatif.
Persyaratan Umum
  • Laki-laki Muslim
  • Lulus SMA/ sederajat tahun 2012 dan 2013
  • Nilai rata-rata raport semester terakhir minimal 7,5
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Siap diasramakan selama masa pendidikan
  • Mendapatkan Izin orang tua
  • Berkelakuan baik
Persyaratan Pendaftaran
  • Photo copy Raport semester terakhir.
  • Pas photo berwarna 2×3, 3×4 dan 4×6 @: 3 Lembar.
  • SKCK (Surat keterangan catatan kepolisian)
  • Surat keterangan sehat dari dokter.
  • Surat keterangan izin orang tua.
Masa Pendaftaran
  1. Pendaftaran: 01 Oktober 2012 s/d 05 Mei 2013
  2. Waktu Tes: 06 – 08 Mei 2013
  3. Tempat Tes: Kampus PBA dan beberapa daerah yang ditentukan panitia PMB (Berdasarkan Banyaknya Jumlah Pendaftar)
  4. Pengumuman Kelulusan: 13 Mei 2013
  5. Awal Perkliahan: 10 Juni 2013
Download: Formulir Pendaftaran.
STAI AL HIDAYAH BOGOR
Angkatan ke-12 Tahun Akademik 2013/2014
Contact Person:
Ahmad Dimas (0852 8443 9699), Abu Dzar al-Ghifari, Lc. (0853 1213 1485)
Telp. (0251) 8388696
email: pmb@beasiswapendidikanislam.com
alamat Kampus: Komplek Yayasan Islam Al-Huda
Jl. Raya Cimanglid no. 61 , Sukamantri Tamansari Bogor PO Box 01 Ciomas Kode Pos 16610

MINDSET SALAH DALAM MENGHADAPI UN





Ujian nasional memang merupakan kegiatan yang paling mendebarkan sepanjang sejarah sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Hal ini karena nasib lulus dan tidaknya tergantung dalam pelaksanaan UN tersebut. Karena sedemikian menakutkan inilah berbagai cara dilakukan demi UN, agar dapat lulus dengan nilai yang baik. Nah, berikut ini adalah beberapa mindset salah yang sering muncul dalam menghadapi UN

Paranormal adalah penyelamat
Indonesia merupakan Negara yang masih banyak yang mempoercayai paranormal, sehingga dalam kehidupannya paranormal masih menyertai kepercayaan masyarakat termasuk dalam pelaksanaan UN, hal ini dilakukan dengan cara memohon kepada paranormal untuk memberikan doa ataupun jimat untuk memuluskan kegiatan UN. Sebenarnya hal ini sangatlah menyesatkan, para normal hanyalah orang biasa, tak ada yang bisa menentukan kelulusan kecuali Alloh. Percayalah pada kuasa Alloh dalam menentukan nasib hambaNya.

UN Soalnya sulit
Bayang-bayang  soal UN sulit  sering dirasakan sebelum menjalani tes UN. Sebenarnya anggapan itu adalah salah, soal UN tak sesulit yang dibayangkan asalkna mau berusaha dan mendalami materi yang telah disampaikan oleh guru. Selagi ada kemauan untuk berusaha dan belajar pastilah mudah.

Berharap bantuan teman
Dalam UN tahun ini soalnya dibuat beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya menggunakan system kode lima paket soal kini menggunakan sistem barcode yang tak dapat ditebak mendapatkan soal dengan tipe seperti apa. Dalam menempuh UN yakinlah pada kemampuan diri sendiri tanpa harus berharap bantuan orang lain karena hal itu mustahil dalam UN tahun ini.

Sebenarnya UN tidak seperti yang dibayangkan, begitu menakutkan sehingga justru membuat down menjelang UN. Optimislah bahwa kita mampu menempuh UN dan lulus dengan nilai yang baik. Usaha maksimal, doa yang tulus dan restu mulia orangtua pasti menuntun kita kedalam kesuksesan. Semangat dan sukses selalu…..

Tuesday, 9 April 2013

PROYEKSI PETA DAN PENGGUNAANYA


Proyeksi adalah suatu cara mengubah bentuk bumi yang bulat ke bidang datar. Agara tidak mengalami perubahan maka harus dilakukan proyeksi. Tapi kadang kita bingung proyeksi apa yang tepat untuk suatu wilayah. So saat ujian atau ada materi tentang proyeksi kepala jadi nyuuut…nyuut… karena bingung dan nggak mudeng. Tetapi jangan kuatir disini saya akan menjelaskan proyeksi apa yang tepat untuk meproyeksi belahan bumi yang luas ini. Nah, dalam proyeksi ada tiga hal pokok yang harus dipegang yaitu:
Equivalen: Ukurannya sebanding
Equidistant: Jaraknya sebanding
Konform: Bentuknya tetap.
Nah selanjutnya mari simak untuk proyeksi diseluruh belahan bumi kita.

Proyeksi Berdasarkan Bidang Proyeksi
Proyeksi Zenithal (Azimuthal)
Bidang proyeksi ini berupa bidang datar yang menyinggung bola pada kutub, ekuator atau di sembarang tempat. Oleh karena itu, proyeksi ini dibedakan menjadi:
1) Proyeksi azimuth normal, di mana bidang proyeksinya bersinggungan dengan kutub.
2) Proyeksi azimuth transversal, bidang proyeksinya tegak lurus dengan ekuator.
3) Proyeksi azimuth oblique, bidang proyeksinya menyinggung salah satu tempat antara kutub dan ekuator.


Proyeksi Kerucut
Dari namanya saja pasti kamu langsung tahu bahwa proyeksi ini berkaitan dengan bangun kerucut. Proyeksi ini memiliki parallel melingkar dengan meridian berbentuk jari-jari. Baris parallel berupa garis lingkaran, sedangkan garis bujur berupa jari-jari. Proyeksi ini paling tepat digunakan untuk memetakan daerah lintang 45° atau lintang tengah.

Proyeksi Silinder (Cylindrical)
Proyeksi ini menggunakan silinder sebagai bidang proyeksinya dan menyinggung bola Bumi. Jika proyeksi ini menyinggung wilayah khatulistiwa, maka garis paralel merupakan garis horizontal dan garis meridian.
Beberapa keuntungan penggunaan proyeksi ini, yaitu dapat menggambarkan wilayah yang luas dan sesuai untuk menggambarkan wilayah khatulistiwa atau lintang rendah.
 SELAMAT BELAJAR MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT :)