Anak bangsa yang memiliki cita-cita sederhana untuk mencerdaskan bangsa

Saturday, 24 December 2011

WARNA LAUT

Ketika kita melihat laut dari atas atau dari jarak yang jauh terlihat laut berwarna biru,namun ada juga lho laut yang berwarna warni. Nah, kira-kira kenapa ya kog bisa seperti itu? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini kenapa laut bisa berwarna warni kayak pelangi....

Warna air laut tergantung pada zat-zat organik maupun anorganik yang ada di laut. Berdasarkan tingkat kecerahannya warna air laut dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut.
a.       Warna biru, karena sinar matahari yang bergelombang pendek (warna biru) dipantulkan lebih banyak daripada sinar lain.
b.      Warna hijau, karena adanya lumpur yang diendapkan di dekat pantai yang memantulkan warna hijau dan adanya plankton plankton yang berwarna hijau dalam jumlah besar.
c.     Warna kuning, karena dasarnya terdapat lumpur kuning, misalnya sungai kuning di Cina (Sungai Huang Ho).
d.  Warna ungu, karena adanya organisme kecil yang mengeluarkan sinar-sinar fosfor, misalnya laut Ambon Warna putih karena permukaannya selalu tertutup es, misalnya laut di Kutub Utara dan Selatan.
e.   Warna merah, karena banyaknya binatang-binatang kecil berwarna merah yang terapung di permukaan laut, misalnya laut Merah.
f.       Warna hitam karena di dasarnya terdapat lumpur hitam, misalnya laut Hitam

Nah, sekarang udah tau kan......