Dalam belajar setiap siswa harus diusahakan berpartisipasi aktif meningkatkan minat dan membimbing untuk mencapai tujuan instruksional. Belajar bersifat keseluruhan dan materi itu memiliki struktur, penyajian yang sederhana sehingga siswa mudah menangkap pengertiannya.
- Belajar harus dapat menimbulkan reinforcement dan motivasi yang kuat pada siswa untuk mencapai tujuan instruksional.
- Belajar itu proses kontinyu maka harus tahap demi tahap menurut discovery;
- Belajar adalah proses organisasi, adaptasi, eksplorasi dan discovery;
- Belajar harus dapat mengembangkan kemampuan tertentu sesuai dengan tujuan intruksional yang harus dicapai;
- Belajar memerlukan saran yang cukup,sehingga siswa dapat belajar dengan tenang;
- Belajar perlu lingkungan yang menantang, dimana anak dapat mengembangkan kemampuannya ber-eksplorasi dan belajar dengan efektif;
- Belajar perlu ada interaksi siswa dengan lingkungannya;
Belajar adalah proses kontinyuitas,sehinggamendapatkan pengertian yang diharapkan. Menimbulkan respon yang diharapkan. Repetisi dalam proses belajar perlu ulangan berkali-kali agar pengertian atau ketrampilan/sikap itu mendalam pada siswa (Slameto, 1991:27-28). Dari prinsip yang telah dikemukakan di atas dapat dipakai sebagai acuan bagi kita untuk menyusun prinsip-prinsip belajar yang lebih sesuai.