Anak bangsa yang memiliki cita-cita sederhana untuk mencerdaskan bangsa

Friday, 16 March 2012

BAHAYA MENAHAN KENCING



Ketika kita merasa ingin kencing kadang harus ditahaan dulu karena berbagai alasan mulai dari belum sempat hingga belum menemukan tempat kencing. kejadian ini berlangsung jika kita sedang terhimpit dalam suatu acara tertentu yang tidak dapat kita tinggalkan begitu saja. Kebiasaan seperti ini tanpa kita sadari tidak baik untuk kesehatan kita. Banyak bahaya yang mengintai akibat kebiasaan menahan kencing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Menyebabkan penyumbatan ureter ginjal
Ini karena urin yang berisi limbah tubuh tak langsung dikeluarkan. Dokter spesialis penyakit dalam, Dr Hasyim Kasim SpPD-KGH dalam fajar.co.id menjelaskan ibarat saluran air yang tidak rutin dibersihkan, kotorannya akan membuat saluran tersumbat. Bukan hanya itu, kotoran yang tidak ke luar juga akan menimbulkan pembusukan.

Infeksi Ginjal
Jika kencing ditahan berjam-jam dan jumlah kuman sangat banyak, maka kuman itu akan naik ke atas, ke arah ginjal. Hal ini tidak biasa, tetapi bisa terjadi. Akibatnya, bisa terjadi gangguan infeksi pada ginjal.

Merusak Kandung Kemih
apabila kita tidak melakukan buang air kecil atau kencing ini, maka ada kemungkinan zat-zat tersebut akan merusak saluran kemih kita. Apalagi bila air kencing mengandung kuman. Semakin lama air seni ini di kandung kemih, semakin banyak kuman yang ada.

Melihat akibat yang ditimbulkan karena menahan kencing, ketika merasa kencing maka segeralah untuk melaksanakannya. Sehingga zat yang berbahaya tidak berkembang dalam tubuh kita.

Sumber: fajar.co.id dan sumber lain