Anak bangsa yang memiliki cita-cita sederhana untuk mencerdaskan bangsa

Friday, 23 March 2012

MENGHITUNG LUAS DAS



Luas DAS merupakan keseluruhan DAS sebagai suatu sistem sungai yang diproyeksikan secara horisontal pada bidang datar. Untuk mengetahui luas DAS dapat digunakan planimeter, kertas milimeter atau dengan menggunakan digitizer-computer (ITC, 1988). Untuk menghitung luas DAS dapat digunakan beberapa metode berikut ini:
a.       Square Method (Metode Sege Empat)
Pengukuran luas dengan metode segi empat ini dilakukan dengan cara membuat prtak-petak atau kotak-kotak bujur sangkar pada daerah yang akan dihitung luasnya. Pada batas tepi yang luasnya setengah kotak atau lebih dibulatkan menjadi satu kotak sedangkan kotak yang luasnya kurng dari setengah dihilangkan (tak dihitung). Hal yang perlu diperhatikan adalah pertimbangan keseimbangan. Harus ada penyesuaian antara kotak yang akan dibulatkan dengan yang dihilangkan. Berikut ini rumus untuk menghitung luas dengan Square method:
L = jumlah kotak (n) x (luas setiap kotak x skala)

b.      Stripped Method (Metode Jalur)
Pengukuran luas dengan metode jalur ini dilakukan dengan membuat jalur atau garis horisontal yang sejajar dan berinterval sama, kemudian pada bagian tepi jalur ditarik garis keseimbangan. Berikut ini rumus untuk menghitung luas dengan Strippe Method:
L = jumlah luas segi empat (jalur) x skala peta
c.       Triangle Method (Metode Segitiga)
Pengukuran luas dengan metode segitiga ini dilakukan dengan membuat segitiga-segitiga diseluruh daerah yang akan diukur luasnya pada peta dan pada sisa daerah diluar segitiga ditambahkn garis-garis yaang tegak lurus dengan base line (sisi segitiga) yang disebut offset. Berikut ini rumus untuk menghitung luas dengan metode Triangle Method;
L = (jumlah luas segitiga + jumlah luas offset)x skala
d.      Planimeter
Metode ini merupakan metode pengukuran luas dengan menggunakan alat planimeter. Daerah yang diukur harus merupakan polygon atau area tertutup. Cara pengukuran luas sebagai berikut:
(1)               Kaca pengamat planimeter diletakkan pda titik awal area yang akan diukur luasnya.
(2)        Kemudian alat pengamat digerakkan searah jarum jam mengikuti batas areal yang diukur sampai alat pengamat kembali ke titik awal.
(3)               Luas area atau daerah yang akan dihitung langsung dapat dibaca pada planimeter.
Batas DAS ditentukan berdasarkan peta kontur. Batas DAS yang dimaksud adalah batas DAS secara topografik (Topographic Drainase Boundary) (Seyhan, 1979).