SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 30 March 2012

CARA MENUMBUHKAN KEJUJURAN PADA ANAK



Kejujuran merupakan hal yang penting, namun sedikit orang tua yang peduli akan kejujuran anaknya. Kejujuran di saat dewasa tak lepas dari kejujuran yang ditanamkan saat masih anak-anak. Ketika sejak anak-anak sudah ditanamkan kejujuran, maka sampai dewasa kejujuran itu akan tertanam dalam jiwa si anak. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kejujuran pada anak, diantaranya adalah sebagai berikut:

Jangan membohongi anak
Kadang kala orang tua membohongi anak demi sesuatu hal, misalnya agar anaknya tidak menangis dijanjikan suatau barang, namun ketika anaknya sudah diam barang tersebut tidak diberikan. Sehingga anak akan berfikir ternyata dia di bohongi dan hal itu akan tetap membekas hingga dia dewasa dan ketika dewasa akan berganti membohongi karena sejak kecil telah diajari berbohong oleh orang tuanya.

Hargai kejujuran anak
Sedikit orang tua yang mau menghargai kejujuran anaknya, sehingga ketika si anak berusaha jujur tidak diberikan reward atas kejujurannya. Jika demikian maka kejujuran dianggap hal yang tidak penting sehingga akan mengabaikan kejujuran tersebut.

Tanamkan kejujuran sejak dini
Ketika anak sudah terbiasa jujur sejak kecil maka nilai-nilai kejujuran tersebut akan terpola secara otomatis dalam pribadi anak. Sehingga si anak akan terbiasa jujur hingga di dewasa.

Selalu motivasi anak berlaku jujur
Seorang anak memerlukan bimbingan dan motivasi secara bersinergi agar kejujuran yang ditanamkan pada anak tetap berada dalam diri anak.

Sedikit coretan mengenai cara menumbuhkan kejujuran pada anak, mudah-mudahan bermanfaat dan bias diterapkan dalam kehidupan.