SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Wednesday 14 March 2012

TIPS SAAT AKAN MENGKONFIRMASI PERTEMANAN



Jejaring sosial berkembang sangat pesat, bahkan sebagian besar orang menggunakan fasilitas jejaring sosial untuk bersosialisasi tanpa memandang usia. Namun, tak jarang membawa malapetaka terjadi akibat pemanfaatan jejaring sosial yang tidak tepat. Mulai dari pemerkosaan,penipuan hingga pencabulan. Ketika seseorang memiliki banyak teman ratusan bahkan ribuan akan bangga dengan pertemanannya tersebut. Kadang tak sadar pertemanan dalam jejaring sosial itulah yang membahayakan. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mengkonfirmasi pertemanan dalam jejaring sosial diantaranya:

Lihat detail profilnya
Kadang kita tak memperhatikan detail profilnya. Kaena dari informasi profil itulah kita tahu seperti apa orang tersebut. Ketika anda tidak suka dengan informasi profilnya hendaknya tidak usah mengkonfirmasi permintaan pertemanannya.

Lihat fotonya
Foto adalah gambaran sebagian kepribadian seseorang, dalam berfoto biasanya orang akan kelihatan dia orang yang baik atau tidak. Hendaknya lebih bijak lagi dalam menilai foto tersebut.

Lihat statusnya
Status adalah sebagian perasaan yang diungkapkan di jejaring sosial. Dari situlah kita bisa mempelajari seperti apa latar belakang orang tersebut. Dari bahasa status pulalah kita tahu sifat pemilik jejaring sosial tersebut.

Lihat pertemananya
Ketika pertemanannya banyak didominaasi oleh orang baik biasanya dia juga orang yang baik. Namun, jika pertemanannya didominasi orang yang nggak baik maka kurang lebih orang tersebut juga demikian.

Liat cara mengkomentari status
Orang yang baik biasanya menggunakan bahasa yang baik dan sopan dalam mengomentari status orang lain. Namun, begitupula sebaliknya jika dalam berstatus tidak jelas maka orang tersebut kurang lebih juga demikian.
Kewaspadaan dan kehati-hatian dalam berjejaring sosial merupakan hal yang penting dalam berjejaring sosial. Jangan sampai jejaring sosial membuat kita rugi.