SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Sunday 11 March 2012

CARA MERAWAT BUKU


Buku merupakan harta yang berharga, karena disitulah kita bisa menggali pengetahuan yang sebanyak-banyaknya. Ketika kita memiliki buku yang banyak kadang justru terkesan tidak terawat dan cepat usang. Buku akan lebih enak dibaca ketika dalam kondisi yang baik. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar buku senantiasa terawat dengan baik diantaranya adalah sebagai berikut:

Berilah sampul
Memberi sampul dapat mencegah buku dari kotoran. Sehingga buku akan senantiasa terjaga kebersihannya. Sampul buku yang baik adalah sampul plastik karena dapat mencegah kerusakan ketika terkena air.

Kumpulkan buku sejenis
Ketika menata buku usahakan dikelompokkan berdasarkan ukuran dan ketebalan, buku yang memiliki ukuran dan tebal yang sejenis dikumpulkan sehingga terkesan rapi dan tidak ada buku yang terselip.

Ketika basah segera keringkan
Ketika buku terkena air segera  keringkan, dalam mengeringkan jangan menggunakan panas matahari karena bisa menyebabkan buku mengkerut. Cara mengeringkannya bisa menggunakan kipas atau ditaruh ditempat yang kering dalam posisi terbuka.

Hindarkan dari sinar matahari langsung
Sinar matahari secara langsung akan mengakibatkan kertas berubah warna dan tulisan akan menjadi pudar. Ketika terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama akan menyebabkan kertas mnjadi kuning atau coklat

Perhatikan susunan penyimpanan
Saat menyimpan buku dalam kondisi ditumpuk, usahakan buku yang tebal dan ukurannya besar berada di bawah agar tidak menimbulkan beban bagi buku di bawahnya.  Dalam menyimpan buku posisi yang baik adalah berdiri karena ketika ditumpuk akan menimbulkan beban bagi buku yang ditumpuki.

Mudah-mudahan bermanfaat...........

<iframe width="450" height="350" frameborder="0" scrolling="no" marginheight="0" marginwidth="0" allowtransparency="true" src="http://chatroll.com/embed/chat/dony-purnomo?id=Y76cL_j_BRB&platform=blogger&w=$0"></iframe><br/><div style="font-size:0.9em;text-align:center;"><a href="http://chatroll.com/">Chat for Websites</a></div>