SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Monday 12 March 2012

SISI POSITIF ANAK TIDAK MEMBAWA HP KESEKOLAH


Saat ini perkembangan teknologi berkembang sangat cepat. Slah satunya dalah dalam teknologi komunikasi. Akhir-akhir ini yang memprihatinkan adalah penggunaan HP oleh para remaja. Kini HP tak sebatas untuk telepon atau sms tetapi sudah jauh lebh dari itu. Tak sedikit kasus pemerkosaan, penipuan dan juga asusila karena penggunaan hp yang salah. Kini banyak sekolah yang , melarang siswanya membawa HP ke sekolah. Beberapa keuntungan saat anak tidak membawa HP ke sekolah antara lain:

Memacu konsentrasi belajar anak
Konsentrasi dalam belajr merupakan hal yang penting bagi perkembangan akademisnya. Ketika konsentrasinya baik maka perkembangan akdemiknya juga baik, karena materi yang disampaikan bisa terserap dengan baik. Dengan tidak membawa HP anak akan lebih fokus pada kegiatan pembelajarannya selama di sekolah.

Mudah mengontrol anak
Banyak sekali kejahatan yang timbul akibat penyalah gunaan HP. Ketika saat sekolah tidak membawa HP maka orang tua akan lebih mudah mengontrol kegiatan saat selesai  jam pelajaran sekolah.  Ruang gerak anak untuk bebuat negatif akan sedikit terbatasi karena tidak ada alat komunikasi yang memfasilitasi untuk berbuat negatif.

Mengajarkan kesederhanaan
Masa remaja biasanya masa untuk mengaktualisasikan dirinya, sehingga mereka selalu ingin memamerka apa yang mereka punya salah satunya adalah memamerkan HP.  Ketika kesekolah tidak membawa HP maka akan meminimalisir sifat pamer tersebut.

Menghindari tindak kejahatan
Tindak kejahatan yang sering terjadi di sekolah adalah adanya HP yang hilang. Entah karena dicuri atau kelalaian pemiliknya, namun hal ini kerap terjadi. Dengan tidak membawa HP kesekolah maka keamanan HP akan terjaga karena disimpan dirumah.

Mudah-mudahan bermanfaat,,,,,,,,,,,,,,