SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Thursday 29 March 2012

HASIL BELAJAR



Belajar sangat erat hubungannya dengan prestasi belajar.Karena prestasi itu sendiri merupakan hasil belajar itu biasanya dinyatakan dengan nilai. Menurut Winarno Surahmad ( 1997 : 88 )sebagai berikut:
“Hasil belajar adalah hasil dimana guru melihat bentuk akhir dari pengalaman interaksi edukatif yang diperhatikan adalah menempatkan tingkah laku”. Dapat diartikan bahwa hasil belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau Perubahan diri seseorang yang dinyatakan dengan cara bertingkah laku baru berkatpengalaman baru. Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar, maka hasil belajar merupakan hasil kegiatan belajar sedangkan belajar sendiri lebih menekankan pada proses kegiatannya, selain pada hasil kegiatannya.Hasil belajar merupakan hasil yang menunjukkan kemampuan seseorang siswa dalam menguasai bahan pelajarannya. Hasil belajar dapat diuji melalui test;sehingga dapat digunakan untuk mengetahui keefektifan pengajaran dan keberhasilan siswa atau guru dalam proses belajar mengajar.
Hasil belajar merupakan hasil dari proses kompleks.Hal ini disebabkan banyakFaktor yang terkandung di dalamnya baik yang berasal dari faktor intern maupun faktor ekstern.  Adapun faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar yaitu:
  1. Faktor fisiologi seperti kondisi fisik dan kondisi indera. 
  2. Faktor Psikologi meliputi bakat,minat,kecerdasan motivasi, kemampuan kognitif. 
  3. Sedangkan faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar adalah :
  • Lingkungan
         Yang termasuk faktor lingkungan adalah alam,masyarakat/keluarga .
    4.   Faktor Instrumental
          Faktor ini terdiri dari kurikulum/bahan pengajaran sarana dan fasilitas.