SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA

Friday 9 March 2012

TIPS MEMILIH TEMAN CURHAT


Ketika kita sedang mengalami masalah biasanya memilih utuk mencurahkan segala masalah tersebut dengan orang lain. Karena sebagian besar orang dengan curhat dapat meringankan beban masalah yang dihadapi. Selain itu dengan curhat diharapkan mendapatkan solusi atas masalah yang sedang kita hadapi. Namun, kadang curhatan kita justru menimbulkan masalah baru karena orang yang kita ajak curhat justru membuat masalah baru misalnya membuka rahasia kita kepda orang lain atau mungkin justru ikut campura dalam masalh kita. Agar hal itu tidak terjadi maka kita harus pandai-pandai memilih teman curhat. Berikut adalah tips ketika memilih teman curhat diantaranya:

Pilih orang yang dapat dipercaya
Kadang masalah yang kita hadapi adalah masalah yang sifatnya pribadi dan rahasia. Jika sifat masalahnya rahasia usahakan mencari teman yang karakteristiknya bisa dipercaya. Seleksi dari semua teman anda yang sekiranya bisa anda percaya dalam hal rahasia ini.

Pilih orang yang dewasa dalam pemikiran
Kedewasaan seseorang pada hakikatnya tidak ditentukan oleh usia, namun oleh pemikirannya. Saat anda membutuhkan solusi yang bijak maka carilah orang yang memiliki kedewasaan dalam berfikir sehingga solusi permasalahan akan segera diperoleh.

Pilih orang yang bijaksana
Ketika permasalahan yang dihadapi membutuhkan pertimbangan maka carilah orang yang dianggap meiliki pemikiran yang bijaksana. Agar masukannya bisa sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan masalah.

Pilih orang yang sabar
Ketika kita sedang menghadapi masalah biasanya mudah terbawa emosi, dan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Ketika emosi saat menghadapi masalah, carilah orang yang sabar sehingga akan meredam emosi anda. Dan dapat berfifkir secara jernih dalam menghadapi masalah.

Pilih orang yang berpengalaman
Orang yang berpengalaman akan membantu dalam memberikan solusi dan pertimbangan dalam memutuskan masalah. Dengan berbekal pengalaman yang dimiliki orang tersebut, anda bisa mendiskusikan masalah yang sedang dialami.

Dengan memilih teman curhat yang tepat maka akan membantu dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Namun, satu hal yang perlu difahami bahwa teman curhat bukanlah penentu akhir dalam masalah yang sedang dihadapi. Keputusan terakhir tetap pada diri pribadi kita masing-masing.